Jumat, 07 Juli 2017

Kerajinan Sandal Unik Tempurung Kelapa

Jika selama ini alas kaki Sandal kebanyakan dibuat dari karet ,plastik atau bahkan dari ban bekas. Adalah sebuah produk dari seorang pengrajin bernama unardi yang justru memiliki ciri khas tersendiri, sehingga tak heran Sandal Made in Purbalingga ini laris manis di banyak kota di Tanah Air

Produk Kerajinan Sandal Unik berbahan tempurung kelapa ini sangat diminati para pedagang souvenir dari luar kota seperti Bali, Jakarta dan Bandung. Mereka memesan berbagai macam produk kerajinan unik yang terbuat dari tempurung kelapa seperti tempat tissue, kap lampu, asbak, cangkir, tas dan lain-lain.

Unardi mengungkapkan, ide membuat Sandal tempurung kelapa muncul begitu saja. Inspirasinya berawal saat melihat potongan sisa tempurung yang telah dibuat berbagai macam kerajinan. Daripada potongan tempurung kecil-kecil tidak dipakai, ia lantas dimanfaatkan dengan cara dirangkai secara vertikal dan direkatkan dengan rem.
Kerajinan Sandal Kelapa

Awalnya kelompok pengrajin yang memiliki 42 orang anggota tersebut hanya mengolah tempurung kelapa menjadi berbagai macam perkakas rumah tangga. Saat produk tradisional ini kalah bersaing dengan produk sejenis yang berbahan plastik, pengrajin sandal unik ini mulai melakukan inovasi untuk bisa bertahan. Meski bahan baku utamanya tetap menggunakan tempurung kelapa tetapi jenis produknya lebih variatif. Bahan dasar yang digunakan selain limbah tempurung, adajuga potongan kayu kelapa (glugu), dan potongan kayu melinjo.

Saat ini pengrajin yang tergabung dalam Kelompok Pengrajin Manunggal Karya juga memproduksi sandal tempurung kelapa. Memanfaatkan sisa-sisa tempurung kelapa yang berbentuk potongan kecil-kecil untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan Cara membuat sandal hias dengan kain perca dan cara merekatkan satu persatu.

Potongan-potongan tempurung yang sudah direkatkan digunakan untuk melapisi bagian alas sandal, sementara bagian-bagian lain tetap menggunakan bahan seperti umumnya sebuah sandal. Sandal tempurung sangat diminati konsumen dari luar kota. Sementara di pasar lokal justru kurang dikenal. Umumnya sandal tempurung dijual sebagai souvenir yang dipesan oleh sejumlah pedagang dari luar kota.

Harga yang di kenakan untuk sepasang Sandal Unik Tempurung Kelapa sangatlah terjangkau, berada di kisaran Rp 25 ribu, untuk semua ukuran. hmm, harga yang menggiurkan untuk produk unik yang bisa membuat rekan anda iri karena tidak memilikinya bukan?

Baca juga:
  • Lampu dari Pelepah Pisang
  • Tas batok kelapa yang mencuri hati

Post Top Ad

MAIN MENU