Senin, 10 Juli 2017

Kerajinan Sabun Dan Cara Membuatnya

Kerajinan sabun, sebuah kreativitas yang ditujukan pada hasil kerajinan dengan bahan dasar sabun. Kerajinan ini termasuk dalam kerajinan bersifat cindera mata atau biasa disebut souvenir.

Souvenir bisa di bilang adalah jenis kerajinan dengan segmentasi item yang paling luas. Kata souvenir yang di Indonesia di sinonimkan dengan cindera mata ini di definisikan oleh wikipedia adalah sebuah benda yang di gunakan sebagai penanda pengait akan kenangan tentang sesuatu. Karena itu kerajinan souvenir telah membuat ide kreativitas menjadi sangat luas dan dapat di terapkan di berbagai macam jenis kerajinan.
Pada umumnya dalam suatu pesta pernikahan, anda akan diberi cindera mata sebagai hadiah atau oleh-oleh akan momen tersebut, nah dalam pengaplikasiannya sebagai souvenir pernikahan saja sudah banyak sekali macamnya. Tapi untuk kali ini kita akan mencoba membahas tentang jenis souvenir yang berupa sabun batangan.

Sabun batangan adalah suatu jenis kerajinan fungsional, karena itu kerajinan ini tidak juga hanya bisa berfungsi sebagai dekorasi, tetapi juga sebagai barang kebutuhan. Sabun batangan organik biasa dikemas dengan menarik dan menjadi souvenir yang mengesankan dalam pernikahan atau acara apapun.

Khususnya untuk pemula, kita akan coba mengulas cara membuat kerajinan sabun untuk pemula, yang hasil akhirnya dapat anda beri hiasan sendiri untuk mempercantik sisi visualnya.

Baiklah Kita Langsung Saja Melihat Langkah Pertama Yang Kita Butuhkan Adalah:

Siapkan Bahan Bahannya:

  • 500 g minyak zaitun
  • 100 g minyak kelapa
  •  10 g minyak essence lavender (atau sesuai selera)
  • 80 g soda api (kalium hidroksida / potassium hydroxide)
  •  195 g air


Bahan Diatas Adalah Perkiraan Untuk Membuat 4 Batang Sabun.



Cara Membuat :



  • Masukkan soda api ke dalam air, gunakan wadah yang tahan panas seperti wadah berbahan gelas. Untuk proses ini anda lebih baik melakukannya di luar ruangan agar anda tidak menghirup uapnya. Ketika sudah larut dengan sempurna, biarkan campurannya menjadi dingin di tempat yang tidak terjangkau anak anak.
    Cara membuat kerajinan sabun gunakan wadah tahan panas untuk mencampur air dan soda api[/caption]
    Sembari menunggu campuran soda api tersebut mendingin, anda bisa mulai menakar dan mencampur minyak kelapa dan minyak zaitun. Campurlah di wadah yang besar, agar nanti ketika ditambahkan bahan lainnya tidak perlu untuk mengganti wadah.
  • Setelah campuran soda api sudah mulai mendingin, masukan ke dalam adonan minyak zaitun dan minyak kelapa yang telah di siapkan. Aduk dengan lembut.
  • Jika campuran soda api dengan adonan minyak tersebut sudah mulai terlihat menyatu, maka anda bisa mengaduknya menggunakan mixer atau blender. Berhati hatilah agar tidak mengotori tempat anda.

    cara membuat kerajinan sabun campur menggunakan mixer atau blender[/caption]
  • Terus aduk adonannya hingga mengental seperti mayonaise, lalu barulah anda beri minyak sessence.
  • Masukan adonan ke dalam wadah cetakan. Akan lebih baik untuk melapisi wadah / cetakan dengan minyak untuk menghindari adonan lengket. Biarkan selama 24 jam.

    cara membuat kerajinan sabun setelah di beri essence dan dekorasi, masukkan ke dalam cetakan[/caption]
  • Setelah 24 jam coba dilihat, apakah sudah cukup keras atau masih terlalu lembut. Jika terlalu lembut bantu dengan pendingin, tapi jangan terlalu lama, karena jika menjadi terlalu keras, maka akan susah untuk memotongnya.

    cara membuat kerajinan sabun setelah cukup keras, keluarkan dari cetakan[/caption]
  • Potong sesuai selera.

    cara membuat kerajinan sabun potong dengan ukuran dan bentuk sesuai selera[/caption]


Dalam fase ketika adonan berbentuk seperti mayonaise-atau disebut juga sebagai trace, adalah saat yang tepat untuk anda berkreasi. Anda bisa memasukkan berbagai macam bahan tambahan, baik untuk mempercantik, maupun untuk menambah aroma wangi yang anda inginkan. Contoh dibawah adalah dekorasi dan cara membuat kerajinan sabun ukir menggunakan ampas kopi.


cara membuat kerajinan sabun sabun dengan campuran ampas kopi[/caption
sabun dengan bentuk roti jahe sabun dengan bentuk roti jahe[/caption]


Anda dapat berkreasi pada hasil akhir baik mendekorasi sendiri bentuk sabun, atau memberi kemasan seperti pita, atau kertas warna warni, karton dari kertas daur ulang yang dapat mempercantik penampilan sabun tersebut. Jika anda ingin membuat dengan skala yang lebih besar atau lebih kecil, anda dapat mengetahui rasio soda api yang anda butuhkan di sini.

Post Top Ad

MAIN MENU