Selasa, 04 Juli 2017

Kerajinan Pelepah Pisang Memikat Yang Berasal Dari Garut

Kerajinan Pelepah Pisang Berasal Dari Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut selama ini sangat terkenal sebagai destinasi wisata kolam air panasnya dan biasa disebut dengan Cipanasnya Garut. Turis lokal maupun asing berdatangan kesana, apalagi saat hari hari liburan seperti liburan akhir sekolah, idul fitri, natal dan tahun baru. Bersebelahan dengan cipanas ada Desa Mekarjaya dimana ada seni kerajinan tangan yang unik karena dibuat dari pelepah pisang. Seni kerajinan pelepah pisang ini sudah lama dibudidayakan dan menjadi ciri khas dari Desa Mekarjaya.

ilustrasi dinding dari pelepah pisang
 Produk yang bisa dihasilkan dari Pelepah Pisang bila    dipadukan dengan bahan lain bisa memikat dan jelas  berbeda dengan produk lain yang serupa. Hasil kerajinan yang bisa dihasilkan dari limbah ini diantaranya kotak pensil, sandal, lampu, tas, karpet, kotak tisu, hisan dinding dan lainnya. Artinya, dengan bahan limbah Pelepah Pisang pengrajin dan pemakai termasuk ramah lingkungan.



Pelepah Pisang yang paling baik digunakan sebagai bahan dasar kerajinan Pelepah Pisang adalah yang sudah kering di pohon, dalam skala banyak perlu di keringkan di bawah sinar matahari. Bahan bisa juga didapatkan dari pengumpul gedebog pisang yang biasa untuk membungkus tembakau. Dalam pembuatannya juga tidak memerlukan bahan pengawet, karena dapat menghilangkan kesan alaminya.

kerajinan yang proses pembuatannya terbilang cukup sulit dan lama hanya dihargai dari Rp 20.000 sampai Rp 100.000 saja, harga yang sungguh murah jika dibandingkan dengan harga kerajinan Pelepah Pisang ini kalau sudah sampai kota dan di display dalam galeri galeri handcraft paling murah bisa Rp. 80.000 sampai Rp. 300.000 an.

Post Top Ad

MAIN MENU