Selasa, 04 Juli 2017

Kerajinan Kulit Dari Dataran Tinggi Di Kota Padang Panjang

Padang Panjang - Kota Padang Panjang di Sumatra Barat adalah daerah yang menjadi destinasi wisata alam yang mana kota ini memiliki kawasan rekreasi keluarga yang dikenal dengan Mifan yang terdiri dari taman air dan berbagai wahana rekreasi air di dalamnya.


Selain wisata alamnya, Kota Padang Panjang juga terkenal sebagai sentra industri kerajinan kulit sandal dan sepatu. Ada sejumlah kelurahan yang menjadi sentra kerajinan kulit. Antara lain, di kelurahan Balai Balai dan Bukit Surungan.

Selain Jawa, Sumatra juga memiliki industri penyamakan kulit terbesar di Tanah Air. Salah satunya berada di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Sejak tahun 1996, Padang Panjang dikenal sebagai penghasil dan pemasok produk kerajinan kulit, antara lain sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet, hingga aneka tas.

ilustrasi kerajinan kulit sepatu dari PadangDi Kelurahan Balai Balai, sentra kerajinan kulit terdapat di Jalan Adam BB. Sedangkan di Kelurahan Bukit Sarungan, ada di Jalan Abdul Karim Amarullah. Jika menggunakan kendaraan, Anda hanya butuh waktu sekitar dua jam dari Kota Padang menuju sentra kerajinan Padang Panjang. Ketika sampai di sentra Bukit Surungan, Anda akan melihat jejeran toko yang memajang aneka kerajinan kulit sandal dan sepatu di dalam etalase. Sedikitnya, ada sekitar 20 toko yang menjajakan produk kerajinan kulit.



Rata rata workshop pengrajin kerajinan kulit yang memproduksi berbagai macam alas kaki mampu memproduksi 150 pasang sepatu dan sandal setiap harinya. Harga produknya pun bisa dibilang terjangkau, yakni Rp 150.000 hingga Rp 700.000 per pasang. Biasanya, harga produk paling mahal adalah sepatu jenis boots. Sedangkan untuk sepasang sandal dan sepatu, kisaran harga yang dikenakan para pengrajina adalah membanderol produknya Rp 100.000 hingga Rp 250.000.

Post Top Ad

MAIN MENU