Senin, 10 Juli 2017

Kerajinan dari Limbah Jerami yang Sangat Potensial

Batang padi yang biasa disebut jerami merupakan limbah pertanian yang sangat banyak didapat di daerah persawahan. Terutama pada saat masa panen padi tiba. Selama ini jerami biasa dipergunakan sebagai makanan ternak, media tanam jamur merang. Meskipun demikian jerami yang ada masih berlimpah dan harus dibakar. Terkadang petani memanfaatkannya sebagai bahan bakar saat pembakaran batu bata atau genteng yang dilakukan di daerah sawah.

Bagi para pedagang telur dan buah, jerami juga dapat dimanfaatkan sebagai alas, agar barang dagangan mereka tidak mudah rusak akibat goncangan. Biasanya petani hanya menumpuknya dipinggir sawah dan membiarkannya busuk, sehingga dapat digunakan sebagai pupuk tanaman lainnya.

Limbah padi atau jerami tersebut ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan artistik. Produk kerajinan dari limbah jerami masih tergolong langka, sehingga sangat berpotensi untuk dapat dikembangkan. Untuk masyarakat yang tinggal di dekat persawahan atau pasar tentunya tidak menemui kesulitan dalam mencari limbah jerami dan tidak perlu mengeluarkan banyak dana.

Pemanfaatan limbah jerami menjadi produk kerajinan memiliki nilai lebih di bidang ekonomi. Sekarang ini orang sudah mulai menyenangi produk kerajinan yang berasal dari bahan jerami, karena selain menarik juga ramah lingkungan. Maka dapat dikatakan bahwa peluang usaha dari limbah jerami dapat menguntungkan.

Bagian-bagian jerami memiliki keunikan masing-masing, yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan, dari mulai batang padi, ranting padi, selongsong padi dan gabah kosong yang telah dirontokkan dari ranting padi.

Ketersediaan jerami yang melimpah dan belum banyak yang mengolahnya menjadi kerajinan menjadi salah satu peluang usaha kerajinan tangan  . Kerajinan ini juga belum banyak yang menggelutinya, sehingga menjadi salah satu peluang bisnis kerajinan yang bagus, berikut beberapa hasil kerajinan dari limbah jerami yang sudah kami rangkum.

Kerajinan dari limbah jerami


1. Sandal

kerajinan dari limbah jerami

Masih ingat dengan film-film ninja dari jepang zaman dulu, biasanya para ninja itu memakai sandal yang agak unik, ya mereka biasa menggunakan sandal yang terbuat dari jerami, buat kamu yang ingin mencoba menjadi seperti mereka cobalah buat sendiri sandal jerami mu dari limbah jerami yang ada di sekitarmu siapa tahu bisa jadi ninja beneran :D.

2. Box Telor

kerajinan dari limbah jerami

Suka mengkonsumsi telur ? jika iya kamu pasti biasanya menyimpan stok telur dirumah mu nah bagaimana jika  kamu membuat sendiri tempat penyimpanan telur kamu dari limbah jerami. Pastinya akan sangat bermanfaat dan berguna.

3. Bunga

kerajinan dari limbah jerami

Butuh hiasan meja, bunga pasti salah satu pilihan nya karna bunga di percaya bisa menambah kesan indah di meja tersebut, bagaimana jika bunga yang di gunakan terbuat dari jerami, pastinya tidak kalah indah dong dengan bunga asli dan harganya juga ekonomis.

4. Bingkai Foto

kerajinan dari limbah jerami

Punya banyak moment berharga, bisanya kebanyakan dari kita mengenang atau menyimpan moment berharga dalam hidup kita dalam bentuk foto, namun kurang lengkap rasanya jika foto-foto yang kita simpan tidak menggunakan bingkai, nah kamu bisa membuat bingkai foto dengan limbah jerami ini loh.

5. Tas Jerami

kerajinan dari limbah jerami

Salah satu produk kerajinan yang banyak di cari adalah tas terutama bagi kaum hawa, nah bagi kamu yang berjiwa kreatif ini adalah salah satu peluang yang sangat bagus untuk membuat kerajinan dari limbah jerami ini menjadi bisnis yang menguntungkan, dengan kreatifitas kamu bisa membuat berbagai tas dari jerami yang unik dan bernilai jual tinggi.

6. Kotak Tisu

kerajinan dari limbah jerami

Selain bunga di meja kita sering meletakan tisu sebagai pelengkap biasanya digunakan untuk membersihkan setelah makan, jika menaruh tisu di meja pastinya kita membutuhkan tempat tisu atau box tisu agar tisu tidak tercecer atau berantakan, kamu bisa membuat tempat tisu yang unik dari limbah jerami dan hasil nya tidak kalah dengan box tisu yang ada di pasaran.

7. Sapu Jerami

kerajinan dari limbah jerami

Sebagai alat bantu untuk membersihkan berbagai kotoran kita pasti menggunakan sapu agar mempermudah pekerjaan kita, kebanyakan sapu terbuat memang dari bahan lidi adau serat bagaimana jika membuatnya dari limbah jerami, jadinya kita membersihkan sampah dengan sampah, sangat berguna bukan.

Itulah beberapa hasil produk dari kerajinan limbah jerami, semoga bisa jadi inspirasi kamu untuk berkarya memanfaatkan limbah jerami yang ada disekitar kamu, masih bayak lagi kerajinan yang bakal kita ulas jadi terus kunjungi kamu untuk mendapatkan info terbaru seputar kerajinan tangan.

Dan jangan lupa share ke teman-temanmu juga, terimakasih :).

Post Top Ad

MAIN MENU