Selasa, 11 Juli 2017

Kerajinan Bambu Bengkok, Zembrawudz Tiada Dua di Dunia

Bambu bengkok ialah bambu yang berasal dari proses alam dimana bambu dalam keadaan posisi berbelok atau bengkok. Dalam membuat kerajinan bambu bengkok, dibutuhkan bambu yang sudah memiliki usia tua bahkan bisa puluhan tahun usianya agar bisa menghasilkan bambu dengan kondisi yang kuat serta tidak rapuh.

Dengan kondisi bahan baku yang tidak beraturan karena disana-sini bengkok, Silviani Putri seorang pengrajin bambu berhasil membuat produk-produk kerajinan bambu cantik nan eksotik. Diantaranya kursi, sofa, dan meja.

"Kerajinan bambu bengkok ini membutuhkan ketelitian dalam membuatnya, karena semua bahan bengkok-bengkok tak beraturan.", kata Silvi.

Kerajinan Bambu Bengkok

Semangat tinggi untuk membuat sebuah produk kerajinan yang berkualitas berbahan baku dasar hasil alam yang alami berhasil mengantarkannya fokus berkarya. Menurutnya, produk kerajinan bambu bengkok yang terbaik berada di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Karena memiliki kualitas bambu terbaik di dunia.

Zembrawudz, demikian Silvi memberikan nama produk kerajinannya. Yang berasal dari kata Semrawut artinya tidak beraturan. Karya seni kerajinan bambu bengkok ini tidak bisa menghasilkan dua produk yang sama persis, karena keunikan bahan-bahannya. Sehingga sering produknya menjadikan produk yang tiada duanya di dunia.

Silvi ingin menunjukkan kepada pasar seni baik dalam negeri maupun luar negeri bahwa ada produk atau hasil karya kerajinan yang begitu indah sebagai bukti bahwa Indonesia sangat kaya dengan kesenian dan budaya.

"Produk seni kerajinan bambu zembrawudz ini awal mula dibuat oleh Saikhon al Ghozali, seorang pengrajin asal Malang yang telah kaya akan pengalaman berkarya seni. Sejak tahun 1990, Saikhon mulai mengembangkan produk kerajinan ini. Dan karya-karyanya bisa awet hingga lebih dari 25 tahun", lanjut Silvi.

Seni alam bambu bengkok Zembrawudz ini bisa menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang besar hingga bisa menghasilkan produk karya seni yang berbeda dari yang lain. "Sebuah gebrakan baru,", kata Silvi lagi.

"Harapan kami semoga karya seni kerajinan bambu bengkok Zembrawudz ini bisa dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia. Bisa menjadi aikon Indonesia, kebanggaan Indonesia. Dapat menjadi dekorasi penyambutan tamu besar Indonesia bahkan tamu besar diseluruh Dunia saat berkunjung ke Indonesia.", tutup Silvi.

Karena terbatasnya hasil produk, Silvi juga menyewakan produk kerajinannya itu untuk dekorasi pernikahan maupun acara-acara lainnya. Sehingga acara-acara tersebut memiliki keunikan dekorasi tersendiri.

Baca juga:
  • seni kerajianan wayang banbu dari bogor 

  • Eksotisme Kerajinan Lampu Bambu yang Mempesona dari Jakarta 

Post Top Ad

MAIN MENU