Jumat, 07 Juli 2017

Cara Menbuat Kerajinan Gelang Washi tape

elakangan sering terlihat berbagai artikel tentang dekorasi berbagai hal menggunakan washi tape. Tapi apakah anda tahu apa itu washi tape? Selotip ini memang sedang hype. Washi tape merupakan selotip yang berasal dari Jepang yang mulai disukai dan digandrungi oleh banyak orang untuk berbagai keperluan.

washi tape atau biasa juga disebut selotip Jepang ini bisa ditempelkan dengan berbagai cara dan gaya. Selotip ini mempunyai banyak motif dan warna. Washi tape ini terbuat dari kertas dan serat alami bambu atau mitsumata dan pohon gampi, yang merupakan tanaman asli Jepang.

Kali ini kita akan mencoba membuat kerajinan gelang washi tape DIY yang bisa membuat semua mata melirik tertarik. Tidak mau kalah dengan demam washi tape di luaran sana, gelang yang akan kita buat tentu saja adalah gelang yang di hiasi dengan washi tape sebagai dekorasi. Bahan yang kita butuhkan antara lain adalah:



bahan yang di butuhkan bahan yang di butuhkan[/caption]

  • Gelas dengan profil tinggi ( untuk merendam bahan ).

  • Mug, atau bisa juga di gunakan gelas besar dengan luas sisi dalam cukup besar.

  • Stik es krim ukuran jumbo

  • Alat untuk membuat lubang

  • Benang rajut, benang jenis ini di pilih karena ukurannya cukup besar, tidak menggores kulit.

  • Gunting

  • Berbagai macam washi tape

Cara membuat

  • Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah merendam stik es krim dalam air hingga tenggelam sempurna, selama paling tidak selama 2 hari, hingga menjadi cukup lentur untuk di bengkokkan. Mungkin anda akan sedikit membutuhkan bantuan pemberat untuk mencegah stik es krim mengambang di gelas.

proses perendaman dan pembengkokkan proses perendaman dan pembengkokkan[/caption]

  • Setelah melalui proses perendaman, tiriskan dari air dan coba anda buat bentuk lengkungan dengan sangat perlahan. Jangan tergesa gesa di fase ini, karena jika di lakukan terlalu cepat, stik es krimnya akan patah.

  • Taruh stik yang telah anda buat menjadi bentuki melengkung ke dalam mug.

  • Kembali menunggu lagi, waktu satu hari mungkin cukup untuk proses pengeringan jika terdapat panas matahari yang cukup. Jika tidak, maka bisa saja pengeringan membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 hari untuk mencapai kondisi stik kering yang ideal.

Time to decorate!!!!, saatnya bersenang senang dan berkreasi menggunakan  washi tape. Anda bisa melakukan proses dekorasi ini bersama anak anda, karena anak kecil biasanya memiliki ide lucu dan menarik untuk dicoba.



saatnya mendekorasi dan menempel saatnya mendekorasi dan menempel :D[/caption]

  • Potong potong  washi tape menjadi ukuran 3cm, tempelkan di bibir meja atau manapun yang mempermudah anda untuk mengambilnya nanti. Selain itu, penempelan di bibir meja juga dapat memberi anda gambaran kombinasi dari washi tape tersebut.

  • Setelah selesai menepelkan washi tape pada gelang stik, potong lagi dengan ukuran yang panjangnya cukup untuk menutup sisi panjang dalam gelang.

  • Beri lubang di kedua ujung stik, jangan khawatir jika pecah. Karena kita bisa memasukan benang dengan mudah melalui pecahannya.

melubangi stik dan memasang benang melubangi stik dan memasang benang[/caption]

  • Masukkan benang rajut dan beri simpul di sisi luar untuk mencegahnya tertarik dan lepas.

selesai selesai[/caption]
Selesai!! membuat kerajinan gelang  washi tape yang cantik telah selesai dan anda dapat memamerkannya kepada rekan rekan anda. Kerajinan gelang ini sangatlah mudah untuk dibuat sendiri di rumah, meski mungkin waktu untuk menunggu perendaman dan pengeringan cukup lama, tapi justru akan membuat anda semakin bersemangat membuatnya karena tidak sabar :D. kerajinan ini jelas ramah lingkungan, karena anda dapat mendaur ulang stik es krim yang sudah tidak terpakai, dan hasilnya tetap mengagumkan kan.

Post Top Ad

MAIN MENU