Cara Membuat Lilin Hias Kubus

Eksplorasi kerajinan lilin memang tiada habisnya. Jika sebelumnya kita pernah membahas tentang berbagai macam bentuk lilin hias dan cara membuat lilin transparan, di kesempatan ini kita akan coba membahas tentang cara membuat lilin hias sederhana kubus mini berwarna warni di dalamnya. Bahan yang harus disiapkan antara lain adalah:

  • Loyang dengan ketebalan kurang dari 2 cm

  • Spray silikon

  • Pisau

  • Parafin

  • Double boiler untuk memasak

  • Pewarna dan pewangi jika perlu sesuai selera

Langkah Langkah Membuat Lilin Hias Kubus :


Panaskan Parafin Dengan Pewarna Dan Pewangi


panaskan bahan bahan[/caption]

Dengan menggunakan double boiler, panaskan parafin hingga cair dalam suhu sekitar 60⁰ C untuk menghindari penguapan parafin karena suhu yang terlalu panas. Setelah cair beri pewarna dan pewangi dan aduk hingga merata. Gunakan warna yang saling melengkapi untuk hiasan kubus maupun tubuh lilin, sedang untuk pewangi anda bisa mencampurnya pada salah satu atau keduanya.

Semprot Loyang Dengan Spray Silikon


semprot loyang denga silikon[/caption]

Sembari menunggu warnanya menyatu, anda mempersiapkan loyang dengan menyemprotkan spray silikon pada permukaanya. Hal ini bertujuan agar nanti kubus yang dicetak pada loyang akan mudah dilepas, idak melekat kuat pada loyangnya.

Cerak Parafin Dalam Loyang


tuang parafin cair dalam loyang[/caption]

Tuangkan parafin cair kedalam loyang dengan menyesuaikan kedalamannya dengan kubus yang akan dibuat, jika anda ingin membuat kubus yang kecil maka tuangkan tipis tipis saja, begitupula sebaliknya, jika anda ingin membuat kubus besar maka tuangkanlah parafin cair ke loyang dengan tebal.

Bentuk Kubus Dari Cetakan Loyang


potong menjadi kubus kecil[/caption]

Setelah dingin, potong potong parafin beku tersebut menjadi kubus. Setelah dingin sempurna keluarkan kubus tersebut dari loyang, semakin dingin, semakin mudah kubus lepas dari loyang. Pada titik ini, anda mungkin ingin membuat kubus dengan warna yang lain agar hasil akhir menjadi lebih meriah.

keluarkan kubus dari loyang[/caption]

Buat Lilin Kubus


tuangkan parafin cair ke dalam cetakan berisi kubus[/caption]

Seperti biasa, gunakan cetakan lilin sesuai apa yang anda buat, masukkan kubus itu dalam cetakan, lalu siram dengan parafin cair yang telah didiamkan selama beberapa saat agar ketika dituangkan tidak merusak bentuk kubus. Diamkan selama beberapa jam hingga dingin sempurna, barulan anda keluarkan dari cetakan. Jadilah lilin hias kubus anda, dan siap untuk menerangi suasana malam anda.

voila, jadilah lilin hias kubus[/caption]

0 Response to "Cara Membuat Lilin Hias Kubus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel