Senin, 10 Juli 2017

Cara Membuat Lampu Aroma Terapi Dari Limbah Kaca

Lampu Aroma Terapi Dari Limbah Kaca - Limbah kembali hadir dengan kreasi unik nan indah kali ini kita bakal mengulas salah satu memanfaatan limbah kaca untuk dijadikan lampu hias. Kerajinan lampu aroma terapi dari limbah kaca ini tentu cukup menggoda mata, apa lagi nuansa mengkilap dengan kilau cahayanya semakin membuat barang ini terlihat mewah.

Salah satu pengrajin kerajinan lampu aroma terapi adalah Sutopo warga Bantul. Kerajinan lampu aroma terapi dari limbah kaca karya Sutopo warga Bantul ini berawal dari kejelian melihat tumpukan kaca di sebuah etalase toko, Sutopo mencoba memanfaatkan peluang yang tak banyak dilirik orang. Ia mencoba mengkreasikan barang yang dianggap sampah menjadi lampu hias. “Awalnya kita kan melihat limbah kaca di toko-toko kaca itu prihatin. Jadi limbah kaca yang sebanyak itu yang tidak bisa dicerna oleh tanah, itu tidak ada yang memanfaatkan. Makanya kita tumbuh ide mencoba berkreasi, kita bikin sesuatu dan akhirnya memilki nilai lebihnya”. Kata sutopo.
Bagi banyak orang, kaca yang sudah pecah sudah tidak berguna. Tetapi di tangan Sutoyo, warga Dusun Menayu Lor RT 5, Tirtonirmolo, Kasihan - Bantul, limbah kaca bisa menghasilkan keuntungan jutaan rupiah. Di rumahnya yang juga dijadikan tempat usaha, setiap harinya Sutoyo dibantu pekerja lainnya mengolah kaca-kaca bekas.

Berawal dari lampu hias ide sutopo kian berkembang, ia melihat tren terapi alternatif yang belakangan sedang digandrungi masyarakat. Dari sini lah ia mengembangkan lampu hiasnya menjadi lampu aroma terapi, lampu itu digunakan untuk memanaskan minyak esensial untuk menguapkan aromanya sebagai terapi kesehatan perawatan tubuh hingga pengharum ruangan. Tidak disangka pesanan mengalir dari berbagai kalangan mulai salon, spa, hingga hotel berbintang. Ia membuatnya semakin bangga ia bisa menciptakan lapangan kerja meski sebatas merekrut teman dan tetangganya.

Sutopo hanyalah salah satu contoh pengrajin yang memanfaatkan celah dari melimpahnya bahan yang seringkali tak dilirik orang. bermodal semangat dan keberanian memulai, kerajinan yang berharga antara 80-150 ribu rupiah terus berkembang dengan omset lebih dari 20 juta per bulan.

Cara kerja lampu aromaterapi itu cukup sederhana. Lampu sorot yang dipasang pada dudukan dari batu alam akan menguapkan larutan minyak esensial dalam mangkok di atas tudung lampu berbahan kaca limbah perusahaan etalase dan toko bangunan.

Cara kerja lampu aromaterapi itu cukup sederhana. Lampu sorot yang dipasang pada dudukan dari batu alam akan menguapkan larutan minyak esensial dalam mangkok di atas tudung lampu berbahan kaca limbah perusahaan etalase dan toko bangunan.

Berikut tutorial singkat membuat kerajinan lampu aroma terapi dari limbah kaca.


  • Pertama siapkan dahulu bahan dan peralatan yang di butuhkan . Limbah kaca yang akan diolah bisa didapat dari pengrajin aquarium dan etalase kaca.


  • Potong limbah kaca yang sudah didapat . kemudian letakkan pada papan yang sudah diberi garis panduan. Potong memakai pisau kaca atau gles kater. Setelah terpotong memanjang, kemudian pukul-pukul kaca untuk mendapatkan potongan yang lebih kecil lagi. Ukuran limbah kaca yang akan dipakai adalah 1×2 cm.
limbah kaca Potongan kaca[/caption]

  • Rapikan ujung-ujung kaca menggunakan tang, agar saat dipegang tidak melukai tangan. Kemudian lem dan susun lalu rekatkan potongan kaca disekitar cetakan lampu yang sudah disiapkan. Agar mendapatkan hasil yang sempurna diamkan potongan kaca selama satu jam. Semakin rumit design lampunya maka semakin lama proses pembuatannya.

kerajinan kaca

  • Proses selanjutnya amplas hiasan lampu. Jangan lupa memasang komponen elektriknya. Pasang saklar lampu, yang nantinya akan menjadi tempat dudukan lampu aroma terapi. Hubungkan saklar dengan kabel merah dan biru. Agar lampu tidak goyang saat dipasang, rekatkan saklar lampu pada dasarnya menggunakan lem kayu.

kerajinan limbah kaca

  • Bola lampu yang dipakai adalah bola lampu halogen dengan daya 22 volt atau bisa menggunakan lampu pijar 2,5 W 220 volt. Tancapkan lampu pada dasar yang sebelumnya sudah direkatkan. Setelah lampu terpasang lalu uji coba . Lampu juga bisa dilengkapi dimer yang berfungsi sebagai alat pengontrol terang atau gelapnya lampu yang akan kita nyalakan.

lampu hias

  • Langkah selanjutnya yaitu tambahkan satu sendok air pada mangkok aroma terapi dan tambahkan empat tetes minyak aroma terapi. Minyak aroma terapi akan menggumpal di permukaan air. Lampu akan memanaskan air dan ketika air panas maka minyak aroma terapi akan ikut menguap dan menghasilkan wangi yang semerbak.

Post Top Ad

MAIN MENU