Jumat, 07 Juli 2017

Cara Membuat Kerajinan Tangan Lilin Air Cantik

Kerajinan yang berbentuk lilin  memang sekarang terlihat sedang hype, kita kini bisa mencari penjual lilin dengan berbagai macam bentuk dan motif menarik, atau bahkan kita bisa juga loh berkreasi menjadi penjual berbagai bentuk lilin seperti yang akan kita bahas berikut.

baca juga ulasan tentang Kerajinan senthi dari Sukoharjo

Kali ini kita akan mencoba membedah tentang bagaimana cara membuat kerajinan tangan lilin air cantik dari bahan yang bisa kita dapatkan di sekitar kita. Mungkin kita bisa juga menyebut kerajinan berikut sebagai kerajinan lentera cantik karena penggunaan bahan dasarnya adalah bukan parafin ataupun wax, yang lumrahnya di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan lilin. Disertai pengunaan air yang pastinya akan membuat karya ini akan terlihat lebih unik dengan segala perpaduan warna dan bahannya. Langsung saja kita coba praktekkan, tapi sebelumnya kita harus mempersiapkan bahan bahan yang kita butuhkan terlebih dahulu, yaitu:

Bahan yang di butuhkan:

  • Air
  • Hiasan dalam air, bisa menggunakan apapun yang anda suka selama benda tersebut bersifat tahan air (Untuk contoh dalam tutorial menggunakan manik dan kelereng)
  • Minyak kelapa atau minyak sayur
  • Gelas kecil
  • Sumbu berbahan katun

Cara membuat:

Pertama kita akan memilih berbagai bahan dekorasi yang akan kita letakkan di dalam gelas, biasanya kita bisa menggunakan berbagai manik atau aksesoris lain yang tahan air, oh ya, jangan lupa, bahan tersebut juga harus tahan panas, karena suhu air juga akan ikut meningkat ketika lilin dinyalakan. Anda bisa memadu padankan warna dari bahan yang akan digunakan, karena pada hasil akhirnya akan memberi efek pendar sesuai warna dari apa yang anda masukkan.


siapkan bahan untuk dekorasi siapkan bahan untuk dekorasi[/caption]
Setelah anda memasukan berbagai dekorasi yang telah anda susun sesuai selera, maka anda tinggal memasukkan air secara pelan ke dalam gelas agar tidak merusak formasi dekorasi yang telah anda susun. Isilah gelas dengan air hingga sekitar ¾ gelas atau kurang, selama bahan dekorasi telah tenggelam oleh air, maka itu sudah bagus.

tuangkan air dengan perlahan tuangkan air dengan perlahan[/caption]
Disinilah kita masuk ke tahap memanfaatkan sifat polar dan non polar dari minyak dan air, kita kemudian akan menuangkan minyak kelapa sebagai bahan lilin air atau lentera air kita. Tuangkan minyak secara perlahan sampai ke atas.

masukan minyak hingga hamper bibir gelas masukan minyak hingga hamper bibir gelas[/caption]
Masukan sumbu sepanjang +-2,5 cm, yang telah anda pasang ke bahan yang dapat mengambang sebagai tatakan, seperti misal kertas alumunium, pastikan sumbu yang menembus dasar tatakan tidak lebih dari 2 mm, agar tidak turut menyerap air di bawah lapisan minyak. Mungkin anda juga perlu memikirkan susunan dekorasi agar dapat menahan tatak sumbu agar tidak tenggelam.

masukan sumbu dengan tatakannya masukan sumbu dengan tatakannya[/caption]
kerajinan tangan lilin air cantik  selesai, lilin air cantik stelah menyala dengan indah[/caption]
Selesai, lilin atau lentera air cantik telah siap untuk di gunakan. Anda bisa memafaatkan kreasi hasil dari tutorial Cara membuat kerajinan tangan lilin air cantik ini untuk menemani malam anda, atau bahkan makan malam romantis dengan pasangan anda. Atau anda juga dapat mencari ide pengganti lampu dalam artikel tentang kerajinan lampu.  Selamat mencoba.

Post Top Ad

MAIN MENU