Jumat, 07 Juli 2017

Cara Membuat Kerajinan Daur Ulang Lilin Motif Bunga

kerajinan daur ulang lilin
Dalam keseharian kita biasa melihat berita tentang pemadaman listrik bergilir setiap saat di berbagai belahan negeri ini, oleh karena itu lilin adalah sesuatu yang selalu ada nyaris di setiap rumah. Namun ketika lilin yang di gunakan sudah mulai pendek, kebanyakan dari kita akan membuangnya begitu saja. Kali ini kita akan membahas cara membuat kerajinan daur ulang lilin yang bisa kita hias dengan berbagai motif unik dari bahan yang mudah kita dapatkan di sekitar kita.

Untuk kali ini kerajinan daur ulang lilin yang akan kita buat adalah kerajinan lilin dengan dekorasi bunga dan dedaunan yang berwarna warni sehingga dapat kita gunakan juga sebagai dekorasi untuk memperindah ruang tamu.

Bahan yang di butuhkan

  • Lilin bekas

  • Aneka bunga dan dedaunan sesuai selera anda

  • Panci

  • Kaleng bekas, bisa menggunakan kaleng bekas soft drink atau kaleng susu

  • Sendok stainless steel

  • Sumbu untuk lilin, anda bisa gunakan benang kasur jika ada

Cara membuat:


Pertama kita kumpulkan lilin bekas yang akan kita gunakan sebagai bahan untuk membuat lilin yang baru dengan menggunakan kaleng sebagai cetakan sekaligus tempat untuk memanaskannya. Untuk proses pemanasannya kita tidak bisa langsung menempatkan kalengnya di atas api, tetapi kita akan menaruh kaleng tersebut di dalam panci berisi air, baru kemudian kita panaskan.
 panaskan lilin dalam panic ganda
Jangan lupa menaruh sumbu lilin juga ya, caranya dengan memanfaatkan jepit pakaian dan sumpit seperti di gambar.

 jangan lupa memasang sumbu

Jika lilin sudah dingin, maka kita siapkan berbagai bunga dan dedaunan yang akan kita gunakan sebagai bahan untuk memberikan hiasan motif lilin tersebut.
 hiasan yang akan dipakai untuk membuat motif
 siapkan lilin dan sendok

Disinilah peran sendok dalam proses pemberian motif pada lilin yang akan kita buat ini, yaitu sebagai alat untuk menempelkan bunga dan daun di tubuh lilin. Caranya adalah dengan memanaskan sendok diatas api lilin lain yang kita nyalakan, ketika sendok sudah panas maka hiasan yang menempel di permukaan lilin akan kita oles menggunakan sendok panas tersebut.
panaskan sendok diatas lilin yang menyala
 oleskan sendok panas ke bahan dekorasi pada permukaan lilin
 hasil jadi

bentuk lain dari hasil jadi kerajinan lilin dengan motif bunga unik
Tara… jadilah Kerajinan daur ulang lilin dengan motif yang unik, mudah sekali bukan? Kerajinan ini juga bisa di kategorikan sebagai kerajinan recycle dan mungkin jika anda bisa menghiasnya dengan cantik, bisa anda jual dan menjadi penghasilan tambahan juga loh. Caranya dengan menaruh hasil kerajinan daur ulang lilin anda di berbagai situs jual beli kerajinan seperti Krafian.com dan bersiaplah menjadi entrepreneur kerajinan, maju terus kerajinan indonesia

Post Top Ad

MAIN MENU