Jumat, 07 Juli 2017

Cara Membedakan Kulit Asli Atau Kulit Sintetis

Cara Membedakan Kulit Asli Atau Kulit Sintetis,. Produk Kulit adalah produk salah satu produk kerajinan favorit yang di gemari konsumen lintas gender. Dengan bervariasi ragam produk mulai dari kepala hingga kaki yang di hasilkan oleh pengrajin kerajinan kulit di Indonesia, maka tentu bermacam macam pula lah jenis kulit yang di gunakan dalam pembuatan kerajinan tersebut. Karena kepopuleran dan beragamnya jenis Kulit, kadang kita temui pedagang pedagang nakal yang menawarkan produk kulit sintetis dengan harga setara dengan produk yang menggunakan Kulit Asli.

Dalam artikel ini akan kita coba bedah berbagai macam Cara Membedakan Kulit Asli Atau Kulit Sintetis. Karena kita sebagai konsumen berhak mengetahui produk apa yang akan kita beli. Jika kita memang bertujuan membeli kerajinan berbahan kulit sintetis mungkin tidak akan masalah, tapi jika semisal kita menginginkan produk kulit asli namun malah mendapat produk kulit sintetis tentunya kita juga kecewa bukan?  Cara Membedakan Kulit Asli Atau Kulit Sintetis bisa dilakukan dengan cara mengetahui hal sebagai berikut:

1. Harga Produk


Yang Pertama bisa dibedakan dari harga, kulit sintetik cenderung lebih murah karena terbuat dari bahan plastik, atau vinyl dan kain. Sedangkan Kulit Asli cenderung lebih mahal tentu saja karena bahan baku yang terbatas dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya

2. Dilihat Lebih Teliti


Kulit Asli dan kulit imitasi bisa dibedakan dari permukaannya. Genuine leather (kulit asli) permukaannya tidak rata, pori-porinya lebih tidak beraturan dan tidak konsisten karena natural, sehingga sering ditemui ada beberapa bagian yang halus ada juga bagian yang berkerut. Dan untuk mengambil bagian yang halusnya saja tentu saja akan membutuhkan berlembar-lembar kulit, karena pastinya akan ditemui bagian yang berkerut disetiap lembaran bahan baku kulit. Sedangkan kulit imitasi/ sintetis semua permukaannya cenderung sama atau rata, akrena dibuat menggunakan cetakan mesin sehingga menghasilkan produk dengan tekstur yang konsisten.

3. Dengan Cara Meraba


Kulit Asli mempunyai permukaan yang kurang rata dan halus. Ini dikarenakan adanya pori pori kulit. Sedangkan pada kulit sintetis terasa halus, rata dan agak licin. Tipe kulit asli yang paling halus adalah chrom dan kulit domba. Namun tetap saja tidak sehalus dan selicin sintetis.

4. Mencium Aromanya


Kulit Asli tentu saja mempunyai aroma khas kulit. Sedangkan kulit sintetis mempunyai bau kimia.

5. Dengan Cara Ditekuk.


Tekuk permukaan kulit secara horizontal dan vertikal sehingga membentuk tanda tambah. Jika bekas tekukan sangat jelas, sudah pasti itu kulit sintetis. Namun jika samar atau tidak berbekas atau malah berubah warna tapi bisa kembali ke aslinya. Jelas sekali itu adalah Kulit Asli.

6. Permukaan Kulit


Ini yang paling mudah. Pada Ciri-ciri dompet Kulit Asli tentu saja belakangnya berserabut menyerupai bulu binatang. Dan bila ditarik tidak mudah putus. Sedangkan pada kelemahan kulit sintetis atau kulit imitasi, permukaan belakang biasanya tertera merk tertentu.

7. Dibakar


Ini adalah cara yang paling pasti dan sedikit ekstrim dan tidak disarankan untuk dicoba semata karena iseng loh, yaitu cobalah bakar pemukaan belakang kulit. Pada kulit asli permukaan tidak mudah terbakar, jika cukup lama maka akan terbakar menjadi abu. Sedangkan imitasi akan menjadi seperti plastik meleleh dan tercium aroma pekat kimia.

Oke, itulah beberapa Cara Membedakan Kulit Asli Atau Kulit Sintetis. Beberapa diantaranya membutuhkan ketelitian yang lebih, dan ada juga yang membutuhkan mental yang lebih. seperti contoh, memastikan keaslian kulit dengan cara dibakar tersebut diterapkan di sebuah gerai kulit dengan sekuriti lengkap di sekitar gerai, dan ternyata yang anda bakar adalah bagian depan kerajinan kulit tersebut hingga gosong jadi kerajinan barbeque!! (banyaklah berdoa sebelum mencoba cara dibakar ya rekan rekan, karena tim kerajinan.ID tidak bertanggung jawab atas vandalisme loh ya :D).
[xyz-ihs snippet="Kerajinan-Indonesia"]

Post Top Ad

MAIN MENU