Kamis, 06 Juli 2017

Boneka Kayu Lucu dari Tasikmalaya

Boneka Kayu Lucu dari Tasikmalaya ini merupakan hasil rintisan usaha Ade Suherman, pemilik CV.Atlas Duta Kriya di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dari limbah kayu, Ade mampu melihat peluang usaha kerajinan. Berbekal keahlian tangan, selain memproduksi boneka, kini Ade sudah membuka workshop membuat Boneka Kayu di Cipedes.

Boneka hasil kerajinan Ade Suherman berupa Boneka Kayu mulai dari boneka ondel-ondel khas Betawi, buah-buahan, sayuran, boneka jepang hingga boneka Angry Bird, dipasarkan melalui berbagai pameran kerajinan. Yang paling banyak diminati oleh turis mancanegara adalah boneka kecil dengan berbagai bentuk yang dijual dengan harga sekitar Rp.60.000. Dalam sebulan, Ade memproduksi hingga 3.000 Boneka Kayu Lucu untuk dipasarkan di dalam dan di luar negeri.

 Hingga kini, Boneka Kayu Lucu ondel-ondel menjadi pasokan tetap untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Setiap bulan, ia mampu memasok sedikitnya 250 pasang ondel-ondel dengan harga mulai Rp.250.000 sampai Rp.2,4 juta per pasangnya

Boneka Kayu

Beberapa pesanan boneka lain seperti boneka sayuran, buah-buahan, boneka haloween dan natal juga diterima dari California. Pesanan tersebut tentunya datang sesuai musim. Ini artinya, kerajinan Boneka Kayu Lucu hasil produksi Ade telah menembus pasar internasional. Dan tentunya hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi Tasikmalaya.

Untuk tetap bertahan dalam usaha pemanfaatan limbah kayu ini, Ade menekankan pada inovasi dan kreativitas. Kreativitas merupakan kunci utama karena kerajinan sepenuhnya mengandalkan kreativitas dari tangan-tangan para pengrajinnya.

Saat ini, Ade melebarkan usahanya dengan tidak hanya memproduksi Boneka Kayu saja tapi juga mulai mengerjakan pesanan kotak tissue dan alas lantai kayu. Satu set kotak tissue dipatok dengan harga Rp.160.000, sementara untuk alas lantai kayu diberi harga sesuai bahan kayu yaitu antara Rp.180.000 sampai Rp.400.000 per meter persegi.

Kerajinan Boneka Kayu Lucu ini merupakan salah satu produk unggulan dari Tasikmalaya. Bagi peminat, bisa datang langsung ke alamat Jalan Leuwi Anyar no.123 Tasikmalaya atau melalui telepon 081320457767.
[xyz-ihs snippet="Kerajinan-Indonesia"]

Post Top Ad

MAIN MENU