Kamis, 06 Juli 2017

Berbagai Buah Tangan Kerajinan Bangka Belitung

Bangka Belitung - Seperti daerah-daerah lain, menyambangi Bangka dan Belitung belum lengkap rasanya sebelum membeli buah tangan hasil kerajinan yang menjadi kebanggaan masyarakatnya. Apa saja Kerajinan Bangka Belitung (Babel) yang wajib dibeli untuk menjadi oleh oleh sanak saudara di rumah?

Bangka Belitung, memiliki kerajinan kain cual yang telah berkembang sejak abad ke 16. Kini, setelah Babel berdiri menjadi provinsi sendiri, kain cual pun menjadi kain adat kebanggaan. Sama halnya seperti songket, kain cual juga merupakan hasil tenunan dengan warna-warna cerah, khas kain tradisional Melayu. Bedanya, kain ini lebih lembut dan luwes, serta disertai motif flora atau fauna.

Kain Cual Kain Cual[/caption]

Kain cual mulai terangkat kembali oleh karena kerja keras pasangan almarhum Abdul Hadi dan sang istri Isnawati Hadi, yang kini meneruskan perjuangan untuk memasyarakatkan kain tersebut. Kain cual yang mereka miliki adalah peninggalan leluhur yang telah berusia 200 tahun.

Kini, motif yang ada di kain antik itu dituangkan ke dalam kain cual masa kini. Penenunan secara manual serta pembuatan yang memakan waktu hingga tiga bulan membuat harganya cukup tinggi. Namun saat ini Anda juga bisa membeli kain cual yang diproduksi secara massal dengan harga lebih terjangkau.

Selain kain cual, Anda dapat memiliki Kerajinan Bangka Belitung lainnya, yaitu kerajinan pewter yang terdapat di Bangka. Kerajinan olahan dari timah murni, tembaga, dan antimoni ini merupakan satu-satunya yang terdapat di Indonesia. Produk-produk yang dihasilkan oleh para perajin pewter yang berada di bawah arahan PT Timah, merupakan produk berkualitas tinggi yang dikerjakan dengan penuh ketelitian.
Produk kerajinan pewter yang dapat Anda dapatkan antara lain adalah gantungan kunci, piala, vas, cangkir, asbak hingga replika kapal Phinisi dengan detail yang rinci. Sementara harganya sangat beragam, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya.



berbagai Kerajinan Pewter berbagai Kerajinan Pewter[/caption]

Ini oleh-oleh tepat buat para lelaki kesayangan. Kopiah resam terbuat dari serutan pohon pakis atau pohon paku. Batang pakis atau paku diserut hingga ke bagian tertipis, lalu dianyam menjadi kopiah. Semakin halus serutannya, semakin lentur kopiah tersebut dan semakin mahal pula harganya. Harga kopiah resam termahal dapat mencapai Rp500 ribu. Bila ingin memastikan kualitas kopiah Anda, cobalah untuk melipatnya. Bila bisa terlipat dan dengan mudah dapat kembali ke bentuk asalnya, maka kopiah tersebut berkualitas tinggi.

Kerajinan renda dapat Anda temui di daerah Belinyu, Babel. Namun dengan mudah kerajinan ini dapat ditemui di toko-toko kerajinan sekitar Bangka dan Belitung. Kerajinan renda adalah produk kerajinan rumah tangga yang dimotori oleh masyarakat setempat.

Beberapa kreasi renda yang dapat menjadi buah tangan bagi saudara dan kerabat di rumah antara lain alas piring, taplak, hingga tas cantik untuk handphone. Ketiga kerajinan tersebut hanya dapat Anda temui di Kerajinan Bangka Belitung. Bertempat di sebuah rumah sederhana, Firman Zulkarnaen adalah satu-satunya perajin batu satam di Indonesia, bahkan mungkin di dunia.

Batu Satam atau Tektite Batu Satam atau Tektite[/caption]

Batu satam juga dikenal sebagai tektite. Satam berwarna hitam pekat dan saat belum diolah, teksturnya bergelombang dan tidak rata. Setelah diolah, batu satam akan terlihat mengkilat dan biasanya dipergunakan sebagai perhiasan atau sebagai batu di tongkat komando. Namun tidak sedikit pula yang memilih mengoleksi satam yang belum diolah.
Diolah dari : okezone

Post Top Ad

MAIN MENU