Senin, 10 Juli 2017

5 Jenis Kayu Terbaik untuk Furniture







5 Jenis Kayu Terbaik untuk Furniture,. Indonesia adalah salah satu negara penghasil kayu terbesar, dan karena melimpahnya sumber daya alam dari kayu ini maka banyak sekali bentuk olahan kayu di Indonesia. Kayu tersebut banyak diolah menjadi furniture dan juga sebagai material konstruksi oleh sebagian besar masyarakat kita, dan ada sebagian pengrajin yang memanfaatkan limbah kayu tak terpakai untuk membuat berbagai kerajinan unik.


Kali ini kita akan coba membahas jenis kayu terbaik untuk furniture yang umum di temukan di Indonesia. Pada dasarnya, hampir semua jenis kayu bisa di gunakan untuk membuat furniture, selama kayu tersebut memiliki tingkat kekerasan yang cukup. Mengapa tingkat kekerasan menjadi hal yang penting dalam membuat furniture? Tentu karena dalam pembuatan furniture itu sendiri membutuhkan berbagai proses seperti pemotongan, pengukiran dan berbagai proses modifikasi lainnya.

Dari berbagai tipe kayu keras yang ada di Indonesia yang biasa di gunakan untuk membuat furniture, atau yang biasa di gunakan oleh tukang kayu untuk membuat berbagai produknya biasa di temukan 5 jenis kayu terbaik untuk furniture yang paling sering dipakai. 5 jenis kayu ini di gunakan tidak hanya karena tingkat kekerasannya atau kemudahan dalam pengolahannya, tapi juga karena estetika hasil jadi kayunya yang sedap dipandang.

Apa Saja Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture Tersebut, Mari Kita Lihat.


1. Kayu Jati

jenis kayu terbaik untuk furniture
Kayu jati adalah jenis kayu yang diketahui sebagai bahan terbaik untuk membuat furniture. Karena reputasinya tersebut, permintaan akan kayu jati untuk di jadikan furniture tidak pernah menurun sedikitpun, baik di Indonesia maupun di dunia. Diluar karakter kayunya yang keras dan tahan lama, kayu jati juga membuat hasil jadi furniture berkesan mewah dan elegan karena pola serat dan butirannya yang menarik.

meubel dari kayu jati

2. Kayu Mahoni

jenis kayu terbaik untuk furniture



Jenis kayu untuk kerajinan tangan terbaik untuk furniture berikutnya adalah Mahoni. Kayu mahoni ini selain memiliki kualitas yang baik, harganya juga lebih murah jika di bandingkan dengan kayu jati. Kayu ini adalah pilihan alternatif dari para pengrajin meubel atau furniture jika ingin membuat produk berkualitas dengan harga terjangkau. Selain menjadi furniture, Kayu mahoni ini juga terkenal sebagai kayu yang di gunakan untuk di jadikan bodi gitar, dimana pabrikan besar seperti Gibson banyak menggunakan kayu mahoni tersebut dalam produknya.

meja dari kayu mahoni[/caption]

3. Kayu Sonokeling


jenis kayu terbaik untuk furniture
karakter kayu sonokeling
Kayu sonokeling banyak juga di gunakan karena karakter uniknya. Kayu sonokeling ini memiliki warna gelap yang sangat natural dan juga karakter kayunya yang sangat keras. Furniture yang di buat menggunakan kayu sonokeling ini biasanya akan terlihat sangat elegan, karena seperti kayu jati, kayu ini memiliki pola serat dan butiran yang menarik.

meja kursi dari kayu sonokeling[/caption]

4. Kayu Akasia


karakter kayu akasia[/caption]

jenis kayu terbaik untuk furniture
Kayu akasia jika dilihat sepintas memiliki warna dan serat yang mirip dengan kayu Jati. Mungkin itu juga salah satu alasan banyaknya pengrajin yang memanfaatkan kayu akasia untuk membuat furniture. Kayu ksia selain memiliki kemiripan di segi tampilan, tetapi juga di kenal sebagai kayu yang berat dan kuat.
meja yang terbuat dari kayu akasia[/caption]

5. Kayu Asam

jenis kayu terbaik untuk furniture karakter kayu asam[/caption]
Sekarang ini permintaan kayu asam semakin menanjak, tidak hanya dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Kayu asam dipilih untuk menjadi bahan baku furniture karena ketersediaannya di alam masih melimpah dan ukuran kayunya yang cenderung besar. Biasanya untuk furniture yang menggunakan kayu asam sebagai bahan bakunya akan menonjolkan dari ketebalan kayu yang di gunakan.

meja tebal dari kayu asam[/caption]


Post Top Ad

MAIN MENU