Jumat, 07 Juli 2017

3 Cara Menjual Kerajinan Secara Online

Menjual Kerajinan Secara Online,. Baik melalui toko online sendiri maupun situs toko jual-beli bersama (marketplace) tentu membutuhkan cara yang baik agar bisa mengoptimasi produk sehingga mudah ditemukan oleh pembeli.


Banyak yang mengatakan bahwa berbisnis Cara Promosi Produk Kerajinan melalui online itu mudah, itu memang benar. Namun itu mudah bagi yang sudah menemukan cara-caranya dalam Menjual Kerajinan Secara Online. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjual kerajinan secara online, berikut ini tip dari Tim KerajinanID.

Cara Menjual Kerajinan Secara Online:


1. Buat Website


Buatlah sebuah halaman website untuk menampung serta mempublikasikan produk-produk kerajinan yang Anda jual. Akan lebih baik apabila website yang dibuat memiliki struktur SEO (search engine optimization), sehingga membantu website Anda mudah ditemukan di halaman pencarian. Upayakan juga, tampilan web Anda memiliki kemudahan bagi calon pembeli dalam mengeksplorasi antar halaman web.

Setelah semua produk terpampang dengan baik di website Anda, mulailah memasarkannya dengan membaginya ke semua orang yang Anda kenal. Bagikan juga ke akun facebook atau twitter Anda.

2. Buat Halaman Penggemar (fanpage) Di Facebook


Buat sebuah halaman penggemar (fanpage) di Facebook, kemudian isikan semua ornamen halaman tersebut sesuai dengan produk kerajinan Anda. Usahakan selengkap mungkin agar calon pembeli mudah mencari kebutuhan yang mereka cari. Sambungkan juga Fanpage ini dengan website yang sudah dibuat. Sehingga ada interaksi antara halaman web dengan fanpage.

Setelah semua tertata dengan rapi, mulailah untuk terus mempublikasikan gambar-gambar produk berikut deskripsinya di dalam fanpage. Jangan lupa, undang teman sebanyak mungkin untuk mengikuti fanpage Anda.

3. Buat Akun Twitter


Buat akun twitter sesuai dengan produk Kerajinan yang Anda pasarkan. Buatlah dekorasi akun twitter Anda sesuai dengan produk kerajinan yang dipasarkan. Setelah itu ikutilah akun twitter yang sesuai dengan produk Anda atau target market yang Anda inginkan. Kabarkan kepada semua rekan untuk ikut mengikuti akun twitter Anda.

4. Buat Akun Instagram


Buat akun instagram sesuai dengan produk kerajinan yang Anda pasarkan. Mulailah mengikuti akun-akun potensial yang bisa menjadi calon pembeli bagi Kerajinan Anda. Lakukan interaksi dengan menyukai posting akun lain yang sudah Anda ikuti, dan buatlah postingan menarik tentang produk Kerajinan Anda.

Membangun Promosi Kerajinan Secara Online :


Setelah 4 hal tersebut diatas sudah Anda miliki (sebenarnya masih banyak lagi), maka Anda masih membutuhkan alat promosi agar semua akun Anda bisa dikenal banyak orang. Anda bisa menggunakan alat promosi seperti Adwords dari Google ataupun Iklan dari Facebook dan Twitter atau Instagram.

Bila anggaran keuangan memadai, maka Anda bisa sekaligus mengiklankan produk Anda melalui semua alat promosi tersebut. Alat-alat promosi ini boleh dikatakan sangat bagus, karena mereka bisa menyaring calon pembeli sesuai dengan target Anda atau produk Anda. Dengan alat promosi, maka semua akun Anda akan lebih mudah dikenal orang dengan waktu yang relatif cepat dibandingkan bila Anda melakukan promosinya sendiri.

Menjual Kerajinan Secara Online Melalui Situs Pasar


Selain dengan hal-hal diatas, Anda juga bisa menitipkan penjualan Kerajinan Anda melalui situs-situs pasar seperti Tokopedia, Bukalapak, Craftline, Direktori Bisnis dan Krafina (kelebihan dan kekurangannya akan kami bahas lebih lanjut di artikel selanjutnya). Dengan menjadi anggota di situs-situs pasar tersebut, Anda akan sangat terbantu dalam promosi karena situs-situs pasar tersebut juga melakukan promosi untuk membantu penjualan dari setiap produk yang ada didalamnya.

Baca juga artikel tentang promosi di facebook dan ulasan di web

Bila ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan beri komentar di kotak komentar.

Salam sukses untuk Anda.

Post Top Ad

MAIN MENU