Peluang Usaha Dengan Kerajinan Kulit Ikan Pari

Peluang Usaha Dengan Kerajinan Kulit Ikan Pari – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang didunia.  Biota laut yang beraneka ragam dan sangat melimpah menjadi potensi yang bisa dimanfaatkan. Salah satu biota laut yang bisa dimanfaatkan adalah ikan pari (stingray). Ikan pari yang banyak dikonsumsi di Indonesia menjadi awal mula munculnya kerajinan kulit ikan pari. Kulit ikan pari yang duluya hanya sebagai limbah, kini bisa dimanfaatkan menjadi sebuah produk dengan nilai ekonomi tinggi.

Kulit ikan pari memiliki tekstur keras,ada beberapa jenis kulit ikan pari yang banyak digunakan sebagai kerajinan kulit ikan pari. Namun ada juga ikan pari yang hampir punah dan mulai dilindungi pemerintah dari tahun 2004. Untuk jenis kulit ikan pari, para pengrajin sadar dan tidak menggunakan jenis ikan pari yang dilarang tersebut.

Kerajinan Kulit Ikan Pari  DiYogyakarta


Berawal dari ide kreatif yang memanfaatkan limbah kulit ikan pari yang hanya terbuang dan tidak dimanfaatkan. Pengrajin kulit pari dari Yogyakarta (jogja) mencoba berinovasi dan ber-exsperiment, dan menemukan formula tepat untuk mengolah kulit ikan pari menjadi bahan baku kerajinan kulit.


Kerajinan Kulit Ikan Pari Yogyakarta

Kerajinan Kulit Ikan Pari Yogyakarta




Diperlukan waktu yang cukup panjang untuk mengolah satu kulit ikan pari menjadi bahan baku yang siap diproses menjadi sebuah produk. Setidaknya diperlukan 12 hari untuk mengolah atau menyamak kulit ikan pari hingga menjadi bahan baku siap produksi.

Dalam proses penyamakan kulit ikan pari juga tidak semulus yang dibayangkan. Dipastikan ada kulit ikan pari yang gagal samak dan tidak bisa digunakan sebagai bahan baku. Kulit ikan pari mudah pecah, kurang lentur merupakan ciri-ciri kulit ikan pari yang gagal samak dan tidak bisa digunakan lagi.

Peluang Bisnis Kerajinan Kulit Ikan Pari


Kerajinan kulit ikan pari pertama kali populer dinegara Thailand. Berbagai produk ditawarkan seperti tas,dompet dan aksesoris kulit ikan pari lainnya. Namun harga yang ditawarkan sangat mahal, sehingga hanya orang-orang dengan kelas ekonomi menengah keataslah yang mampu memiliki produk berkualitas dari kulit ikan pari ini.

Pelan namun pasti, kerajinan kulit pari mulai merambah ke Indonesia. Kota jogja yang merupakan salah satu pusat kerajinan kulit mulai mencoba mengolah dan memproses kulit ikan pari menjadi sebuah produk berkualitas.


Peluang Bisnis Kerajinan Kulit Ikan Pari

Peluang Bisnis Kerajinan Kulit Ikan Pari




Proses pengerjaan sebuah produk berbahan baku kulit ikan pari sangat jauh berbeda dengan bahan kulit pada umumnya (kulit sapi,kambing,ular dll). Teksture kulit ikan pari yang keras menyerupai batu menjadi salah satu faktor yang membedakannya. Produk yang dihasilkan para pengrajin kulit ikan pari diIndonesia khususnya dijogja memiliki standart kualitas yang baik. Kualitas kulit hasil proses penyamakan juga sangat lembut dan tidak kalah baik dengan produk luar.

Peluang bisnis yang mungkin bisa menjadi pilihan kita.Semakin banyaknya permintaan pasar terhadap produk kulit pari, semakin terbuka lebar peluang kita untuk ikut memasarkan produk-produk kulit ikan pari. Dan dijaman serba online ini, peluang memasarkan produk kerajinan kulit ikan pari semakin mudah dan mampu menjangkau seluruh wilayah diIndonesia bahkan sampai mancanegara.


Peluang Bisnis Kerajinan Kulit Ikan Pari

Peluang Bisnis Kerajinan Kulit Ikan Pari




Paridjogja.com menjadi salah satu supplier kerajinan kulit pari dari jogja. Kami menawarkan kerjasama untuk siapa saja yang memiliki minat dan bakat menjual produk kerajinan kulit ikan pari.

Tujuan kami adalah agar kerajinan kulit ikan pari semakin dikenal masyarakat indonesia. Jika produk kerajinan kulit ikan pari semakin dikenal dan semakin banyak orang yang tertarik, maka hal ini sangat membantu bisnis UKM di jogja khususnya bisnis yang bergerak dalam bidang kerajinan kulit pari.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Peluang Usaha Dengan Kerajinan Kulit Ikan Pari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel