Cara Mencegah Virus Komputer

http://www.pojokwebsite.com
Virus adalah file yang mengganggu system operasional pada PC dan laptop, apabila laptop terkena virus maka secara otomatis kinerja laptop tidak akan maksimal. Biasanya bentuk gangguan virus ini seperti kemampuan loading menjadi lebih lambat, hilangnya file yang kita simpan secara tiba-tiba, laptop restart berulangkali. Jika sudah berhadapan dengan virus yang hebat kadang OS akan terhapus, hal ini akan memaksa kita untuk melakukan instal ulang OS pada laptop.
Sebagian orang yang pernah memiliki pengalaman buruk seperti hilangnya data di laptop secara tiba-tiba, biasanya sangat takut dengan adanya virus di laptopnya. Yang seperti ini menjadikan kewaspadaan terlalu tinggi, sampai tidak mau menggunakan flashdisk yang bukan miliknya, atau tidak meminjamkan laptopnya pada orang lain yang sedang butuh. Yang disebut virus dalam komputer yaitu file pengganggu, jadi setiap file yang dapat menggaggu kinerja OS adalah virus. File penggangu ini bisa dalam bentuk file biasa yang sengaja kita simpan tetapi rusak, yang terinstal baik secara sengaja maupun tidak. Sebenarnya kita tidak perlu takut terlalu berlebihan dengan apa yang di sebut virus dalam PC/ laptop, selama kita mau melakukan langkah antisipasi dengan benar, maka kemungkinan virus dapat mengganggu laptop kita sangat kecil.

Virus komputer pada dasarnya merupakan sebuah program sangat jahat yang dapat merusak segala isi atau keseluruhan dari sebuah komputer tersebut. Tentu hal ini akan tidak nyaman, anda harus tetap berwaspada setiap kali mengoperasikan komputer dan mencoba mengakses internet lalu mengunduh file-file atau yang lainnya.
Cara untuk menghindari atau mencegah virus sebuah komputer sangatlah sederhana, yaitu anda hanya perlu menyiapkan salah satu program seperti antivirus. Program ini merupakan aplikasi untuk membasmi segala virus yang masuk ke dalam komputer atau juga bisa untuk mencegah adanya virus komputer. Nah, jika anda sudah menyiapkan program antivirus, maka selanjutnya anda harus memperhatikan betul apa saja yang dibutuhkan dalam antivirus ini. Sebelumnya anda harus memperhatikan terlebih dahulu pemiliihan antivirus komputer, yaitu pilihlah program yang benar - benar terpercaya dan dapat diandalkan.
Contoh program antivirus antara lain: Avast, Avira, Smadav, setelah itu terus lakukan update pada program antivirus komputer, atau juga bisa men-setting update otomatis pada virus komputer anda. Satu hal penting lainnya, setiap kali ingin melakukan transfer file melalui flash disk,dahulu flash disk tadi telah di-scan untuk menghilangkan virus komputer. Itulah cara mengatasi virus komputer, yaitu kiat agar komputer anda tidak terkena virus jahat. Nah, dari artikel komputer di atas tentu anda dapat memahami apa itu tips untuk mengatasi virus komputer. Dengan demikian, solusi bagi permasalah tersebut pun akan dapat teratasi dengan menerapkan butir-butir tips yang telah diintruksikan.

Berikut cara mencegah dan menghindari virus masuk pada komputer atau laptop:
  • Gunakan antivirus yang kompatibel dan bonafit, selalu update antivirus tersebut. 
  • Jika komputer atau laptop sering digunakan browsing internet maka gunakan antivirus yang memiliki fitur Internet Security.
  • Aktifkan Firewall pada Windows yang anda gunakan.
  • Selalu perbarui Security Update pada Windows Security
  • Jangan dibiasakan menyimpan data pada drive C terlalu lama. 
  • Kenali semua data yang anda simpan pada laptop, dan segera buang/hapus apabila ada data yang tidak anda kenali. 
  • Hapus file registry yang sudah tidak di perlukan secara teratur.
  • Apa bila akan memindahkan data dari device/perangkat lain, usahakan tidak membukanya dulu ketika masih terkoneksi, jadi langsung di send / copy kemudian lepaskan device / perangkat.
  • Gunakan alat pembersihan seperti Ccleaner, TuneUp Utility, dsb.

Mungkin anda dapat mencobanya agar komputer anda terhindar dari virus !
Salam kreatif dan terimakasih

0 Response to "Cara Mencegah Virus Komputer "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel