Perbedaan Kerajinan Tekstil Modern Dan Tradisional

Pada saat ini mungkin hasil kerajinan tangan tekstil sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Macam-macam kerajinan tekstil itu seperti berbagai pakaian sebagai kebutuhan sandang,sarung bantal,taplak meja,sprei pelapis dan bebagai sandang lain yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia sendiri kerajinan tekstil terbagi menja di 2 yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisioanal. Masing-masing kerajinan mempunyai fungsi sendiri-sendir.

Untuk kerajinan modern biasanya digunakan untuk kebutuhan praktis dan fungsional. Sedangkan untuk kerajinan tradisional biasanya digunakan sebagai simbolis dalam berbagai upacara adat. Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang kerajinan tekstil bisa membaca ulasan kami di bawah ini.

Pengertian tentang Kerajinan tekstil

Merupakan sebuah karya seni yang dibuat menggunakan bahan tekstil. Tekstil merupakan bahan yang berasal dari serat yang diolah dari bahan benang atau kain. Bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat busana serta berbagai macam produk kerajinan tekstil lainnya. Dari pengertian kerajinan tekstil di atas bisa diambil kesimpulan bahwa bahan tekstil yang digunakan meliputi benang, kain, pakaian dan berbagai benda yang dibuat dari serat. Bahan-bahan serat yang digunakan untuk tekstil biasanya serat filamen, serat staple, serat alam, serat sintetis dan lain sebagainya.

Macam-macam kerajinan tekstil

Seperti yang sudah kita singgung di atas bahwa kerajinan tekstil di Indonesia di bagi menjadi 2 yaitu kerajinan tekstil tradisional dan kerajinan tekstil modern.

Perkembangan industri tekstil sangatlah pesat. Saat ini banyak peracang atu desainer yang mengahsilkan karya-karya busana modern. Tetapi tidak sedikit yang mengembangkan ide dari kerajinan tekstil tradisional indonesia agar lebih di kenal luas oleh dunia. Berikut pembagian kerajinan tekstil di indonesia.

Kerajinan tekstil modern

Kerajinan tekstil modern merupakan karya tekstil yang dibuat dengan menggunakan alat bantu modern sehingga bisa membuat suatu produk tekstil dalam jumlah banyak.

Salah satu contoh kerajinan tekstil modern adalah pakaian yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti topi, baju, berbagai macam aksesoris. Selain itu ada juga digunakan sebagai pelangkap interior seperti kain sprei, sarung bantal, keset, lap dan lain sebagainya.

Kerajinan tekstil tradisional

Kerajinan tekstil tradisional adalah kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan peralatan sederhana dan menggunakan bahan yang berasal dari alam. Alat yang digunakan biasanya masih sangat sederhana dan tidak bisa memperoduksi barang dalam jumlah banyak.

Contoh kerajinan tekstil sederhana adalah kain tenun, kain sarung, batik tulis dan berbagai macam produk khas dari derah di Indonesia.

Berbagai macam dari kerajinan contoh  tekstil

  1. Batik


melukis-batik

Batik adalah salah satu karya seni yang bernilai seni tinggi yang sudah diakui oleh dunia. Membatik biasa menggunakan peralatan sederhana seperti canting atau kuas yang digunakan untuk membuat pola tertentu pada kain.

Untuk mewarnai kain tekstilnya menggunakan teknik tutup celup. Kerajinan tekstil batik ini merupakan warisan budaya nusantara dan menjadi ciri khas kebangaan bangsa Indonesia.

2. Sulam

bt-03-copy

Bordir atau sulam adalah suatu hiasan yangg dibuat di kain atau bahan lain dengan menggunakan benang dan jarum. Selain menggunakan benang, bordir atau sulaman bisa menggunakan bahan lin seperti logam, manik-manik,payet bahkan bulu burung.

Kerajinan sulam sendiri terdiri dari berbagai jenis tergantung pada apa hasil dari kerajinan tersebut contohnya sulam terawang, sulam datar, sulam timbul dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Tenun

tenun1

Tenun merupakan salah satu teknik membuat kain yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat tenun.

Oleh karena itu dengan melihat motif dan warna kain tentu orang bisa mengetahui dari mana kain tenun tersebut berasal. Setiap orang akan merasa bangga bila menggunakan kain tenun yang berasal dari daerahnya.

Pada suku Sumba atau daerah tertentu biasanya menonjolkan corak binatang contohnya Sumba Timur dengan corak motif kuda, rusa, udang, naga, singa dan lain-lain.

Sedangkan Timor Tengah Selatan banyak menonjolkan corak motif burung, cecak, buaya dan motif kaif. Bagi daerah-daerah lain corak motif bunga-bunga atau daun-daun lebih ditonjolkan sedangkan corak motif binatang hanya sebagai pemanisnya saja.

Sekilas ulasan kami tentang kerajinan tekstil di indonesia.

0 Response to "Perbedaan Kerajinan Tekstil Modern Dan Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel