Peluang Bisnis Modal Kecil Dari Limbah Kayu

Salah satu kerajinan yang paling sering menarik perhatian ketika seseorang datang ke pameran handycraft adalah puzzle kayu dengan berbagai macam bentuk. Tampilannya memang menarik. Anda bisa melihat unsur estetika dalam tambilan puzzle ini. Ternyata puzzle kayu ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis modal kecil dengan hasil yang luar biasa.

Puzzle Kajeng, begitu nama puzzle ini. Peluang bisnis modal kecil ini adalah hasil kreatifitas seseorang bernama Mandar Utomo. Aslinya mas Mandar, adalah pengrajin kayu dikota Jogja. Tipe bisnis klasik yang sering di tekuni warga jogja. Tapi gara-gara penjualan kerajinan kayunya kurang laku, mas Mandar putar otak untuk cari produk lain yang bisa mendongkrak pasar. Jadilah puzzle kayu ini.

peluangbisnismodalkecilTetapi siapa yang sangka puzzle kajeng ini sudah tersebar di berbagai negara. Seperti Amerika,Kanada,Australia,serta beberapa negara Eropa lainnya. Penjualanya hingga 40 ribu pcs setiap bulan ! Omsetnya, tidak kurang dari 1 sampai 2 milyar pertahun !

Padahal, Usaha ini di mulai dari peluang bisnis modal kecil. Bagaimana tidak, modal awalnya hanya 425 ribu rupiah. Untuk membeli kompresor tambal bal saja tidak cukup. Dengan modal keberanian, Pada tahun 1994 mas Mandar membuat beberapa puzzle (waktu itu masih sederhana) dari limbah kayu jati sisa mebel.

Kemudian puzzle tersebut di jual di kaki lima malioboro. Sekitar 20 tahun yang lalu puzzle serupa di jajakan di kaki lima malioboro. Sepertinya perkembangan peluang bisnis modal kecil mas Mandar berjalan sangat lambat sekali. Berjalan dari tahun ke tahun dengan hasil yang masih rendah, tiba-tiba ada seorang turis dari perancis yang tertarik dan memesan hingga 1000 pcs.

Berkat penjualan tersebut, puzzle dapat promosi gratis dari turis perancis ini. Dan tak lama kemudian pesanan datang silih berganti. Mulai dari Denmark,Belanda,hingga akhirnya tembus ke Amerika. Itulah pentingnya kreatifitas dan inovasi dalam usaha. Bahan baku puzzle ini full dari limbah kayu jati. Kayu jati itu terkenal kayu yang mahal. Ada alasannya mengapa mas Mandar memakai bahan baku kayu jati. Kayu jenis ini sangat cocok di pakai sebagai bahan baku pembuatan puzzle. Kayu ini mudah di bentuk tapi kuat dan awet. Dengan memakai kayu jati puzzle terkesan menjadi lebih mewah dan bagus.

Mas Mandar menggunakan limbah kayu jati dari limbah industri mebel di kota Demak, Jepara, Klaten. Hanya saja beliau mengatakan bahwa penjualan untuk pasar lokal msih sangat terbatas. Penyebabnya adalah konsumen lokal lebih menyukai produk mainan edukatif beraneka warna dari plastik. Tetapi mas Mandar tetap optimis, dengan usaha dan kegigihan yang tinggi puzzle kajeng akan mendapat tempat di hati para konsumen lokal, minimal dikotanya sendiri.

Itu tadi sedikit cerita tentang peluang bisnis bisnis modal kecil dari limbah kayu. Memang tidak mudah untuk mengembangkan usaha dari modal yang benar-benar kecil, hingga beromset milyaran seperti puzzle kajeng ini. Tetapi tidak ada yang mustahil kan?

Jadi harapan saya, minimal dengan membaca artikel ini, optimisme anda tumbuh untuk mencari peluang-peluang bisnis modal kecil lainnya.

0 Response to "Peluang Bisnis Modal Kecil Dari Limbah Kayu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel