Kamis, 01 Desember 2016

Dekranasda Gali Potensi Kerajinan Daerah

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masryarakat, Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pekalongan, menginventarisasi potensi kerajinan daerah dengan bertatap muka para perajin, kemarin.

Ketua Dekranasta Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi mengatakan, pihaknya saat ini tengah menginventarisasi terhgadap berbagaipotensi kerajinan di Kabupaten Pekalongan.

Salah satunya, kerajinan dari bambu, karung goni dan mukena lukis. "Inventarisasi ini dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung pada para pengrajin dan berkoordinasi, mendata nama  - nama pengrajin dan produk yang dihasilkan serta ke depan akan dilakukan pembinaan,"Kata dia.

Dikatakannya, inventarisasi ini akan dilakukan secara bertahap dengan menggandeng phak terkait seperti Disperindagkop dan UMKM serta Perekonomian."Dengan menggandeng secara langsung pihak yang terkait, komunikasi yang dilakukan bersama pengrajin bisa langsung terpecahkan ketika ada masalah,"tuturnya.

Dapat Dikenal

Pihaknya menginginkan  dengan adanya upaya ini, Ke depan kerajinan daerah dapat dikenan lebih luas dari luar dan lebih berkembang."Produk kerajinan di Kota Santri, tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Kami memiliki kerajinan dari bambu dan mukena lukis, yang tidak hanya diminati kalangan lokal saja, tapi hingga mancanegara,"tutur dia. Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat, yang mau membeli kerajinan, bisa datang ke Kota Santri.

Apalagi Kabupaten Pekalongan juga memiliki objek wisata alam yang bagus. Sementara itu ketua Harian Dekranasda Kabupaten Pekalongan Teguh Isdaryanto mengatakan, Pihaknya akan terus menggali potensi potensi kerajinan serta mempromosikan potensi kerajinan ditiap kecamatan. Pemkab Pekalongan, kata dia, siap memfasilitasi pengembangan kerajinan.

Salah satunta dengan cara membantu memasarkan produk kerajinan. Untuk mewujudkan hal itu, imbuh dia, dibutuhkan sinergitas, inovasi dan semangat membangun pengembangan dunia kerajinan. "Dekranasda akan berusaha menjadi wadah promosi kerajinan yang menyentuh level bawah, termasuk promosi lewat internet. Dukungan pemerintah, akan menadi pendorong semangat bagi para pengerajin,"Jelas Teguh.

Menurutnya, Kerajinan adalah suatu perwujudan perpaduan keterampilan untuk menciptakan suatu karya dan nilai keindahan, yang tidak terpisahkan dari suatu kebudayaan. Kerajinan tersbut tumbuh melalui proses waktu berabad abad."Tumbuh kembang maupun laju dan merananya kerajinan sebagai warisan yang turun temurun tergantung beberapa faktor.

Di antara faktor faktor yang berpengaruh adalah transformasi masyarakat yang disebabkan oleh tekhnologi yang semakin modern, minat dan penghargaan masyarakat terhadap barang kerajinan dan tetap mempunyai para pengrajin itu sendiri, baik dalam menjaga mutu dan kreativitas maupun dalam penyediaan produk kerajinan secara berkelanjutan,"kata dia.

Dengan disadarinya peranan dan arti penting dari keberadaan kerajinan sebagai suatu wahana pemerataan pendapatan, penciptaan usaha baru serta upaya pelestarian hasil budaya bangsa, maka celah celah keberadaanya mulai tersimak.

sumber : berita.suaramerdeka.com/smcetak/dekranasda-gali-potensi-kerajinan-daerah/

Post Top Ad

MAIN MENU