Jumat, 25 November 2016

7 Kreasi Kerajinan Ini Bisa Guru Bikin Bareng Murid Tercinta

Berprofesi sebagai guru memang sebuah pekerjaan mulia yang tak terhingga. Mencerdaskan calon generasi penerus bangsa adalah tujuan utamamu. Jika kamu adalah salah satunya, selamat berjuang, ya! Memang bukan hal yang mudah, semoga ilmu yang akan kau bagikan kelak akan bermanfaat.

Untuk kamu yang sekarang menjadi guru muda, pasti akan selalu ada hal yang mempersulit pekerjaanmu ini. Mungkin salah satunya adalah kesulitan mencari cara yang menyenangkan dalam mengajar. Memang, dalam penyampaian materi, seorang guru harus menganut pada silabus, RPP, dan kurikulum yang berlaku.

Supaya kegiatan mengajarmu makin menyenangkan, ada baiknya juga kalau kamu menyempatkan membuat 10 prakarya unik ini. Selain bisa mengasah kreatifitas murid-muridmu, kerekatan hubunganmu dengan mereka juga akan semakin dekat jadinya .

1. Ajak untuk menyayangi bumi dengan membuat tote bag serbaguna. Warnailah sesuka hati mereka .




Sejak kecil kita harus sudah mengajarkan anak-anak untuk mencintai bumi kita . Jangan gunakan metode yang terlalu sulit untuk dipahami, atau dengan teori-teori berat tentang global warming. Metodenya agar anak-anak mencintai bumi dengan cara mengajak mereka untuk mengurangi konsumsi plastik, yaitu dengan membuat tote bag sendiri.

Ada baiknya kalau kamu juga ikut membuat bersama-sama muridmu membuat tote bag. Warnailah sesuai keinginan mereka. Tidak hanya membuat karya sendiri , hal ini juga bisa membuat mereka jadi mencintai bumi sejak kecil kan ?

2. Daripada dibuang percuma, coba kreasikan krayon-krayon tidak terpakai jadi melted crayon!Lucu kan ?


Anak-anak paling suka mewarnai. Tidak jarang, mereka pasti punya alat mewarnai, seperti cat air, Pensil warna atau krayon. Ngomong tentang krayon pasti banyak tuh sisa krayon yang tak terpakai kan . Daripada di buang , sia-sia dong ? kamu bisa kreasikan dengan membuat melted crayon, lho.

Ajak mereka untuk mengumpulkan krayon yang tak terpakai. Setelah itu, kumpulkan, potong kecil-kecil, lalu masukkan dalam cetakan. Panaskan sebentar di dalam microwave. Taraaaa! Kreasi bersama muridmu sudah selesai . Bukan hanya lucu tapi kamu bisa gunakan itu untuk hiasan kecil di kelasmu lohh !

3. Manfaatkan piring plastik untuk disulap menjadi mahkota! Buat murid-muridmu bagai bangsawan dari negeri nun jauh di sana.




Memanfaatkan piring plastik yang sudah yang tak terpakai gada salahnya dong. Menjadi seorang guru pastinya di tuntut untuk lebih kreatif dong. Kamu dapat memanfaatkan piring plastik ini untuk bahan karyamu.

Buatlah bersamamu untuk memanjakan mereka dengan membuat mahkota cantik dari bahan ini. Kreasikan sesuai kesukaan mereka, Menyenangkan bukan !

4. Mempelajari organ tubuh manusia udah nggak ngeri lagi. Ajak muridmu untuk mendekorasi tengkorak menjadi prakarya lucu ini.




Terkadang anak-anak suka malas sama yang namanya biologi, karna dari mereka kebanyakan banyak yang takut . Disini ada metode yang layak kamu coba agar mereka tidak takut lagi sama yang namanya pelajaran biologi. Ajak mereka untuk menghias tengkorak kepala dengan mosaik-mosaik lucu. Sekarang, mereka tidak takut lagi, bahkan bisa jadi prakarya yang lucu.

5. Ajak mereka membuat topeng berwujud binatang kesukaan mereka. Adakan pesta kostum untuk memamerkan hasil karyanye. Seru, Lho !




Jangan paksa mereka untuk slalu duduk di kursi kayunya , Pasti mereka akan merasa jenuh dan sangat bosan. Ajak mereka untuk melakukan aktivitas yang enyenangkan yang bisa dilakukan bersama gurunya. Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat topek binatang bersama.

Biarkan mereka melakukan kreasi sesuka hati mereka saat membuat hewan kesayangannya. Lakukan pesta kostum yang di buat tadi agar meriah .

6. Abadikan cap tangan di atas kanvas. Menyenagkan sekaligus bisa dijadikan hiasan dalam ruang kelas.




Kebanyakan anak kecil paling suka sama yang namanya nyoret-nyoret . Tidak jaang kegiatan seperti ini banyak di nanti-natikan pada mereka, Ajak muridmu untuk bermain dengan warna-warna cat. Selain untuk mengeksplor indra perasanya, kamu bisa ajak mereka untuk berkreasi di atas kanvas.

Di atas cap tangan tersebut, mereka bisa membubuhkan gambar apa saja yang menggambarkan keinginan atau perasaan mereka. Setelah kering, kamu bisa manfaatkan kanvas-kanvas ini sebagai pajangan apik di dalam ruangan. Kegiatan yang sangat menyenangkan lohh bagi mereka.

7. Tak perlu khawatir, menghitung kini menjadi pelajaran yang menyenangkan dengan jari-jari kecil ini.




Terkadang mengajarkan anak-anak untuk menghitung tidaklah mudah.  Di usia muda, anak-anak cenderung memilih untuk bermain daripada belajar. Jalan keluar dari masalah ini adalah ajak murid-muridmu membuat prakarya jari-jari ini. Ajak mereka menggambar jari-jarinya dan menggunting bersama. Setelah itu, tempelkan di atas kertas dan kalian bisa belajar berhitung bersama.

Post Top Ad

MAIN MENU