Rabu, 19 Oktober 2016

Uniknya Kerajinan Khas Berbagai Daerah Indonesia

Hallo sobat kreative,  kali ini kita akan membahas dan mengulas tentang  kerajinan tangan di Indonesia. Sejarah kerajinan tangan di Indonesia berawal dari masa kerajaan hindu – budha berkat hubungan berdagang dengan Negara-negara tetangga maupun Negara yang lebih jauh seperti india, Tiongkok, dan wilayah Timur Tengah. Hindu masuk ke Indonesia di perkirakan pada awal masehi, yang dibawa oleh para musafir dari india. Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh para musafir yang berasal dari tiongkok.

 Berikut ada beberapa contoh macam kerajinan tangan di Indonesia :
1. WAYANG

 Wayang merupakan seni pertunjukan Indonesia yang berkembang pesat serta telah diakui dunia karena keunikan yang dimilikinya. Wayang juga termasuk warisan mahakarya dunia. Seni pertunjukan wayang sendiri disukai oleh semua lapisan masyarakat . Bukan hanya di pulau Jawa, kini wayang juga akrab dan sering disajikan di acara-acara sakral di seluruh dunia. Ada pun bagi anda yang ingin tahu seperti apa sejarah serta asal-usul wayang beserta perkembangannya hingga saat ini, mari kit simak pemaparannya sebagai berikut !
ASAL – USUL WAYANG Ditinjau dari sejarah yang ada asal-usul wayang dianggap telah hadir semenjak 1500 tahun sebelum masehi. Wayang lahir dari para cendikia nenek moyang suku jawa di masa lampau. Pada masa itu, wayang diperkirakan hanya terbuat dari rerumputan yang diikat sehingga bentuknya masih sangat sederhana. Wayang dimainkan dalam ritual pemujaan roh nenek moyang dan dalam upacara – upacara adat jawa. Pada periode selanjutnya penggunaan bahan – bahan lain seperti kult binatang buruan atau kulit kayu mulai dikenal dalam pembuatan wayang.

2. BATIK

Batik Batik merupakan budaya yang telah lama berkembang dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kata batik mempunyai beberapa pengertian. Pengertian batik merupakan suatu cara untuk memberi hiasan pada kain dengan cara menutupi bagian-bagian tertentu dengan menggunakan perintang zat, yang sering digunakan ialah lilin atau malam, kain yang sudah digambar dengan menggunakan malam kemudian diberi warna dengan cara pencelupan, setelah itu malam dihilangkan dengan cara merebus kain. Akhirnya akan dihasilkan sehelai kain yang disebut batik dengan berupa serta beragam motif yang mempunyai sifasifat khusus. Sejarah Perkembangan Batik Ditinjau dari perkembangannya batik telah mulai dikenal sejak jaman Majapahit dan masa penyebaran islam. Batik pada mulanya hanya dibuat terbatas oleh kalangan keraton. Batik dikenakan oleh raja dan keluarga serta pengikutnya. Oleh para pengikutnya inilah batik dibawa keluar keraton dan berkembang di masyarakat hingga saat ini.

 3. TIKAR PANDAN

 Tikar pandan juga merupakan kerajian tangan daerah Halmahera bagian utara. Kerajinan tikar pandan ini sudah sangat turun temurun dari generasi terdahulu sampai dengan generasi saat ini dan seterunya. Tikar pandan sendiri dibuat dengan menggunakan daun pandan, karena di daerah Halmahera benyak sekali ditemui daun pandan. Daun pandan tersebut diolah dengan cara membuang duri duri yang ada pada daun pandan tersebut. Setelah itu daun pandan harus direbus erlebih dahulu, setelah daun pandan mengalami proses perebusan lalu daun pandan tersebut harus dijemur agar diperoleh daun pandan yang lemas. Setelah itu barulah daun pandan dapat diolah menjadi sebuah tikar dengan cara dianyam. Untuk memberikan sebuah motif pada tikar yang dihasilkan, bias ditambahkan pewarna pada saat proses perebusan daun tersebut. Kerajinan tangan khas daerah Halmahera yang lainnya selain tikar pandan yaitu saloi. Saloi atau lebih jelasnya yaitu tas punggung yang terbuat dari rotan. Tas khas masyarakat Halmahera ini sering digunakan oleh para wanita pekebun. Bentuk dari saloi ini sendiri adalah bundar dan mengerucut pada bagian bawahnya.

 Selain saloi, tolu jugta sering digunakan untuk berkebun bagi masyarakat Halmahera. Bahan untuk membuat tolu adalah pelepah pohon pinang yang telah dikeringkan. Tolu adalah suatu benda yang digunakan untuk berteduh saat hujan ataupun saat panas.

 Dari pemaparan serta ulasan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam, tetapi tergantung kita memanfaatkan dan mengolah bahan bahan tersebut. Dan masih banyak lagi kerajinan kerajinan khas daerah di Indonesia yang lainnya yang tentu lebih menarik dan bagus, jangan lewatkan tentunya di ulasan kami dalam artikel atau tulusan tulisan selanjutnya, terimakasih.

Post Top Ad

MAIN MENU