Selasa, 11 Oktober 2016

Kerajinan dari Bahan Alam Nusantara

Kerajinan dari bahan alam  sudah menjadi warisan dari nenek moyang kita. Apalagi di nusantara yang sangat melimpah sumber daya alamnya ini  sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan membuat kerajinan tangan.
Dengan kreatifitas serta inovasi kita mampu menciptakan produk kerajinan yang bagus dan unggul serta berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Bahan alam sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat suatu kerajinan banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga produk-produk kerajinan yang dihasilkan oleh anak-anak bangsa sangat beraneka ragam dan memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerahnya. Kerajinan bahan alami adalah suatu kerajinan yang dibuat dari bahan dasar yang telah disediakan oleh alam seperti bambu, serat alam, dan rotan.

Di setiap daerah di Indonesia memiliki keunggulan masing-masing tergantung dengan bahan dasar alam yang paling banyak tersedia di sekitarnya. Seperti daerah Kalimantan yang sumber daya alamnya banyak tersedia rotan dan getah nyatu sehingga kerajinan tangan yang berkembang adalah anyaman rotan dan getah.

Beda halnya dengan daerah jawa barat yang banyak tersedia tanah lat sehingga penduduk yang tinggal disana banyak membuat kerjinan dari tanah liat seperti kerajinan keramik, gerabah, patung dan berbagai kerajinan lainnya. Tanaman kayu hitam banyak ditemui di daerah palu sehingga kerajinan yang paling berkembang disana adalah kerajinan dari kayu hitam.

Kerajinan Tangan Dari Bahan Alami


Kekayaan budaya yang ada di Indonesia merupakan salah satu hal yang menyebabkan munculnya keberagaman produk kerajinan nusantara.

Bahan-bahan kerajinandari alam banyak tersedia dan tersebar di seluruh wilayah nusantara. Bahan alam tersebutlah yang dimanfaatkan sebagai salah satu produk kerajinan yang terbuat dari tanah liat, bambu, kayu, logam, batu, serat alam, dan juga kulit binatang.

Berikut ini adalah berbagai contoh kerajinan dari bahan alam yang terbuat dari berbagai bahan.

1. Kerajinan dari bahan alam dari tanah liat

Kerajinan dari tanah liat banyak kita jumpai di Indonesia. Beragam kerajinan bisa dibuat dari tanah liat seperti gerabah, genteng, keramik dan juga jenis kerajinan lain yang dibuat sebagai hiasan ataupun sebagai perabotan rumah tangga. Tanah liat yang mempunyai sifat elastis, plastis sehingga memudahkan untuk dibentuk menjadi berbagai bentuk.

Untuk proses pembuatannya sebagian besar masih menggunakan cara tradisional yakni masih mengandalkan ketrampilan tangan manusia. Beberapa tahap yang luar biasa dilalui untuk membuat kerajinan dari tanah liat dimulai dari persiapan tanah liat. Proses pembentukan, penjemuran, pembakaran, penyempurnaan. Berikut beberapa contoh kerajinan dari tanah liat.

A. Kerajinan keramik


kerajinan keramik balong

Seni kerajinan keramik adalah kerajinan tangan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang dibuat dengan melalui berbagai proses. Teknik yang digunakan dalam proses pembuatan keramik seperti pijit, butsir, pili, pembakaran dan proses terakhir adalah glatsir sehingga bisa menghasilkan sebuah produk hgias yang indah.

b. kerajinan gerabah

Kalau dilihat dari kualitas bahan yang digunakan gerabah sebenarya hamper sama dengan keramik. Namun sebagian masyarakat mengartikan terpisah antara gerabah dan keramik.
Alasan yang digunakan adalah karena keramik adalah benda pecah belah yang permukaannya halus dan mengkilat seperti porselin biasanya berupa vas bunga, tegel, guci, dll. Sedangkan gerabah adalah barang yang dibuat hanya menggunakan tanah liat yang biasanya berupa periuk,belang, tempat air dan lainnya.

c. kerajinan teko dan poci

Teko atau poci adalah suatu benda yang digunakan untuk menyeduh teh atau campuran herbal lain dalam air panas. Ciri dari poci biasanya memiliki lubang dan tutup pada bagian atas dan juga gagang pad bagian belakang serta ceret pada bagian depan. Fungsi dari masing-masing bagian adalah bagian atas untuk menuangkan air panas ke dalam teko, bagian gagang untuk pegangan sedangkan ceret bagian depan untuk mempermudah menuangkan air ke dalam gelas.

2. kerajinan bahan lunak dari serat alam

kerajinan dari jerami

Kerajinan tangan serat alam adalah kerajinan yang dibuat dari bahan serat tanaman. Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan ini biasanya berasal dari daun, batang dari tanaman tertentu yang memilki serat
Pemilihan bahan harus memperhatikan kualitas dari tanaman itu sendiri agar bias tahu tingkat kekuatan, kelenturan serta keawetan dari bahan. Berikut adalah bahan-bahan dari alam yang biasanya digunakan untuk membuat kerajinan dari serat alam.

3. kerajinan bahan alam dari kayu

[caption id="attachment_3186" align="alignnone" width="620"]Industri-Mebel Ilustrasi[/caption]

Indonesia memiliki banyak hutan tropis yang menyimpan berbagai kekayaan alam kayu terbesar di dunia.

Kayu yang dihasilka juga memiliki beragam jenis seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu ulin, dan masih banyak lagi jenis kayu di Indonesia. Kerajinan dari kayu merupakan kerajinan tangan yang memanfaatkan kayu sebagai bahan utama dalam proses pembuatannya.

Proses pembuatan kerajinan dari kayu memiliki beberapa teknik pengerjaan diantaranya teknik ukir, bubut, dan lainnya, untuk kerajinan dengan teknik ukir biasanya diawali dengan membuat sketsa pada kayu lalu di ukir dengan cara pahat.

Kerajinan kayu merupakan kerajinan yang sudah ditekuni oleh masyarakat di Indonesia sejak dulu.
Ini kreasi mereka…..
Apa kreasimu?.......

Post Top Ad

MAIN MENU