Selasa, 20 September 2016

Mengetahui Peluang Usaha Disekitar Kita


Rumahkreative.id - Peluang usaha untuk di perusahaan-perusahaan saat ini sangat sulit di dapat. tapi tidakkah anda berfikir untuk mendirikan perusahaan baru? atau menciptakan lowongan kerja yang baru untuk orang-orang di sekitar anda?


Cara yang paling tepat untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan menciptakan peluang usaha sendiri. Khususnya, bagi Anda yang merasa bosan dengan pekerjaan sekarang dan ingin mendapatkan pekerjaan baru, maka berwirausaha adalah jawabannya.

Dengan berwirausaha akan membuka peluang baru bagi diri sendiri dan orang lain. Ini artinya, menjadi seorang wirausahawan tak hanya akan merubah status Anda menjadi pengusaha melainkan juga akan membantu merubah perekonomian orang lain.

 Proses untuk memulai maupun menciptakan peluang usaha memang bukan hal yang mudah, diperlukan gagasan atau ide usaha yang cemerlang agar nantinya usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar dan mampu menuai kesuksesan.

 Hambatan seperti itu sangat wajar jika dirasakan, tetapi bukan berarti hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk berhenti menciptakan peluang usaha, karena jika kita belajar dari wirausahawan yang sudah sukses, maka kita akan menemukan jawabannya dan berikut tips mudah untuk menciptakan peluang usaha.

1. Melihat problem yang ada di lingkungan sekitar

Mencari ide untuk menciptakan peluang usaha bisa dimulai dari lingkungan sekitar Anda, misalnya dengan memperhatikan problem yang ada. Misalnya jika masalah yang ada adalah sulitnya mendapatkan makanan instan yang sehat, maka Anda bisa mencoba membuka usaha makanan. Dari problem tersebut, berusahalah untuk mencari solusinya, maka dengan begitu Anda akan emndapatkan ide usaha apa yang tepat untuk dijalankan.

 2. Jeli dalam memanfaatkan peluang

Untuk menciptakan peluang usaha baru diperlukan kejelian, artinya bukan hanya harus mampu menganalisa problema yang ada namun Anda juga dituntut untuk jeli dalam memanfaatkannya. Kemampuan menganalisa inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam menentukan jenis atau bidang usaha apa yang pas untuk diciptakan berdasar dari kebutuhan pasar. Anda tidak harus memulai usaha dengan skala besar, usaha rumahan sekalipun juga cukup menjanjikan.

 3. Memilah peluang usaha berdasarkan potensinya

Dalam mencari ide tentunya akan terpikir berbagai macam usaha, nah tugas Anda adalah memilah mana jenis usaha yang memiliki potensi terbesar untuk bisa sukses. Poin penting yang harus dipertimbangkan ketika menentukan jenis usaha, adalah jumlah permintaan pasar akan usaha yang akan Anda ciptakan tersebut. Semakin besar maka semakin baik, namun tentunya persaingan juga akan semakin besar.

 4. Memberikan nilai tambah

Value Added atau nilai tambah merupakan salah satu hal yang wajib menjadi pertimbangan ketika hendak membuka usaha baru, karena pastinya untuk bisa bersaing maka produk tersebut harus memiliki nilai lebih dibanding produk kompetitor. Nilai tambah tidak harus dari segi harga yang lebih murah, jauh lebih penting jika Anda memberikan nilai tambah dari segi kualitas barang, jadi kita tidak harus selalu bersaing di harga.

 5. Ciptakan peluang usaha yang unik

Untuk menciptakan peluang usaha unik atau beda dari yang lain, maka diperlukan orang-orang kreatif. Pada proses ini sebenarnya Anda membutuhkan tim atau rekan kerja untuk membantu Anda dalam mencari ide usaha yang unik dan tentunya tetap memiliki target pasar. Jika Anda berhasil menciptakan usaha yang unik dan usaha tersebut bisa diterima masyarakat, maka masyarakat akan menganggap usaha Anda sebagai pionir bukan pengekor.

 6. Mulai dari yang kecil untuk menggapai yang lebih besar

Bagi yang merasa takut untuk bersaing di bisnis dengan tingkat persaingan yang berat, maka mulailah dengan kecil terlebih dahulu, setelah Anda berhasil dengan kesuksesan kecil, maka akan timbul semangat baru untuk bersaing di tingkat yang lebih berat. Jadi konsepnya seperti menjadikan usaha yang kecil sebagai batu loncatan untuk menggapai usaha yang lebih besar, baik dalam hal pendanaan maupun persaingan pasar
.
7. Selalu berinovasi

Tantangan terbesar dalam membuka usaha sebenarnya bukan membuatnya berada di puncak kesuksesan melainkan bagaimana cara Anda dalam mempertahankan usaha tersebut agar selalu berada di puncak. Inovasi adalah kuncinya. Persaingan yang terus meningkat akan memaksa Anda untuk berpikir kritis, jika lengah maka lawan tak akan segan untuk menggantikan posisi Anda sebagai juara.

tahukan anda banyak sekali peluang usaha yang bisa kita kembangkan di sekitar kita

1.Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Pada umumnya para peternak ayam kampung masih menggunakan tekhnik konvensional yang pemeliharaannya sangat sederhana. Namun cara beternak ayam kampung menggunakan tekhnik konvensional di rasa kurang fleksibel dan beresiko. Beternak ayam kampung dengan sistem lebih terpadu dan penggunaan media yang memadai menjadi solusi yang cukup jitu untuk menjawab permasalahan tersebut. Penggunaan kandang yang cukup besar memudahkan para peternak untuk mengembangbiakan ayam kampung, selain itu ayam kampung dengan menggunakan kandang dan media yang sesuai sangat cocok di terapkan bagi para peternak secara produktif.

 2.Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal

TANPA MODAL 1000%, Mungkinkah? Tergantung anda, bisa mempraktikan artikel dibawah ini atau tidak, karena artikel yang akan kita bahas benar - benar trik ampuh berbisnis rumahan tanpa modal. Artikel ini membahas bukan modal berupa tenaga, waktu atau pikiran, yang menjadi objek pembahasan di sini adalah bagaimana memiliki dan menjalankan usaha rumahan dengan tanpa modal sepeserpun. Bukankah lebih berat mengeluarkan modal uang daripada tenaga, pikiran atau waktu anda? Untuk Anda yang memiliki modal terbatas, atau anda masih sangat ragu untuk merogoh uang anda hanya untuk bermain resiko dengan cara berbisnis yang sudah pasti punya resiko rugi atau untung, artikel ini merupakan cara kreatif yang bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

3.Peluang Usaha Makanan Ringan Tempe Mendoan

Kebanyakan orang Indonesia pasti suka makan tahu goreng, apalagi tahu isi ditambah cabai rawit… nyesss pasti rasanya mantap. Nah, selain rasanya yang pedas dan mantap peluang bisnis usaha makananan ringan tahu isi pedas ini ternyata sangat potensial lho. Setidaknya inilah yang saya lihat dari usaha Tahu Jeletot ini, peluang usahanya masih terbuka lebar dan sangat potensial.

4.Peluang Usaha Rental Mobil Mainan Anak

Kebutuhan orang tua akan mainan berkualitas terus meningkat. Hal ini membuka celah tumbuhnya usaha jasa penyewaan mainan di beberapa kota besar di Indonesia. Koleksi yang bervariasi dan pelayanan prima menjadi kunci sukses menjalankan bisnis ini. Pelaku usaha lain yang ikut meramaikan bisnis penyewaan mainan anak adalah Amelia Purnajati, 31. Ibu dua anak ini membuka jasa rental mainan pada 2008 di Cibubur, Jakarta Timur. Ide untuk merintis usaha tersebut dia dapatkan dari pengalaman sang kakak yang pernah tinggal di luar negeri.

5.Peluang Usaha Jualan Motor Bekas

Kebutuhan untuk memiliki kendaraan bermotor semakin meningkat tajam dari tahun ketahun, terlihat jelas animo masyarakat untuk memiliki motor dan padatnya kendaraan roda dua dijalan raya yang terus meningkat. Sebagian masyarakat memutuskan membeli motor baru, namun sebagiannya lagi mengeikuti kondisi ekonominya serta menerapkan cara aman untuk tidak berhutang dengan memutuskan membeli sepeda motor second atau bekas. Peluang pasar bisnis Jual beli motor akhir-akhir ini sering kali dilakukan mengingat keuntungan yang didapat cukup terbilang lumayan, meskipun dalam pelaksanaanya membutuhkan waktu yang agak lama. Tentu motor bekas yang beru dibeli di service serta dibersihkan dulu sebelum dipajang, lalu menunggu konsumen datang untuk membelinya. Selain membutuhkan modal untuk membeli dan memperbaiki sepeda motor sebagai barang dagangan, mungkin juga dibutuhkan sewa tempat untuk memajang motor, disarankan pilihlah tempat yang strategis. Pelaku usaha lain yang ikut meramaikan bisnis penyewaan mainan anak adalah Amelia Purnajati, 31. Ibu dua anak ini membuka jasa rental mainan pada 2008 di Cibubur, Jakarta Timur. Ide untuk merintis usaha tersebut dia dapatkan dari pengalaman sang kakak yang pernah tinggal di luar negeri.

6.Peluang Usaha Jualan Motor Bekas

Kebutuhan untuk memiliki kendaraan bermotor semakin meningkat tajam dari tahun ketahun, terlihat jelas animo masyarakat untuk memiliki motor dan padatnya kendaraan roda dua dijalan raya yang terus meningkat. Sebagian masyarakat memutuskan membeli motor baru, namun sebagiannya lagi mengeikuti kondisi ekonominya serta menerapkan cara aman untuk tidak berhutang dengan memutuskan membeli sepeda motor second atau bekas. Peluang pasar bisnis Jual beli motor akhir-akhir ini sering kali dilakukan mengingat keuntungan yang didapat cukup terbilang lumayan, meskipun dalam pelaksanaanya membutuhkan waktu yang agak lama. Tentu motor bekas yang beru dibeli di service serta dibersihkan dulu sebelum dipajang, lalu menunggu konsumen datang untuk membelinya. Selain membutuhkan modal untuk membeli dan memperbaiki sepeda motor sebagai barang dagangan, mungkin juga dibutuhkan sewa tempat untuk memajang motor, disarankan pilihlah tempat yang strategis.

Post Top Ad

MAIN MENU