Rabu, 21 September 2016

Bisakah Sukses Karena Bisnis Kerajinan Tangan


Rumahkreative.id  - kesuksesan, yaitu sebuah kata yang sangat diinginkan serta diharapkan bagi seluruh orang. Banyak orang yang menganggap pengertian sukses sebagai pada saat kita wisuda, pada saat naik jabatan, atau pada saat menerima penobatan sebagai orang teladan, orang terpandai atau sejenisnya. Sukses bukan dalam pengertian seperti itu. Sukses itu bukan suatu tujuan akhir dengan kualitas seadanya dan menghalalkan segala cara untuk mencapainya, tetapi sebagai suatu proses yang harus di lakukan setahap demi setahap, dan hari demi hari . Jadi, seperti apakah arti sukses menurut anda? Silahkan saja anda mendefinisikan sendiri pengertian sukses menurut versi anda. Karena definisi sukses itu berbeda dikarenakan oleh berbedanya keinginan seseorang. Namun secara umum arti sukses itu haruslah sama. Supaya anda tidak salah dalam mencapai sesuatu yang bahkan anda sendiri salah mengartikannya. Yang pasti sukses adalah tercapainya tujuan anda. Tujuan anda apa? jika tercapai maka jadilah anda orang sukses. Jadi pengertian sukses itu sama secara umum dan yang berbeda adalah apakah yang menjadi tujuan anda itu, karena tujuan orang berbeda-beda dalam hidupnya.

Siapapun anda bisa sukses sekarang juga dengan melalui kerajinan tangan ! karena kalau tidak sekarang, kapan lagi ?
Hari berlalu tanpa bisa Anda hentikan. Umur Anda pun terus bertambah, yaitu berarti masa hidup Anda di planet ini makin berkurang. Bukankah sudah saatnya Anda menikmati kesuksesan dalam kehidupan Anda, sekarang juga? Bukan nanti bila sudah renta? Hidup ini indah dan diciptakan untuk kita nikmati. Bila mengetahui rahasia dan memiliki kuncinya, kehidupan sukses total bisa Anda nikmati. Siapapun Anda. Semua manusia diciptakan agar sukses di semua aspek kehidupannya, sampai saat mereka "kembali" nanti. Tidak ada orang yang ditakdirkan miskin atau menderita.
Tetapi, apakah Anda juga menikmati hidup Anda? Apakah Anda bisa dengan gembira mengatakan, "Ya, saya sekarang sudah sukses. Hidup ini indah luar biasa dan segalanya mudah bagi saya", atau "Saya memiliki kunci sukses hidup yang saya perlukan"?
• Bila Anda sakit, tahukah Anda cara agar bisa sembuh dan sehat kembali? (dan saya tidak membicarakan obat atau dokter di sini).
• Bila Anda berpenghasilan kecil, tahukah Anda cara meningkatkan penghasilan berlipat ganda? (dan saya tidak akan bicara tentang mencari pekerjaan/bisnis sampingan yang juga menguras tenaga) tetapi Anda juga bisa melakukannya dengan bisnis jerajinan tangan lho....
• Bila Anda belum punya tempat tinggal, tahukah Anda bagaimana bisa memiliki rumah sendiri? (dan saya tidak bicara tentang menunggu warisan dari orang tua, lho...)
• Bila Anda terlahir miskin, bagaimana mengubah nasib Anda tersebut? (Dan bukan dengan mencari jodoh anak konglomerat :P ..).
• Bila uang Anda sedikit atau pas-pasan, diinvestasikan dalam bentuk apa agar mendapatkan hasil kembali yang luar biasa besarnya? (bukan dengan cara menjadi lintah darat kejam, lho. Bukan. Haram itu...).
• Anda adalah orang yang rajin, pekerja keras, ulet, jujur dan berkemauan tinggi. Anda juga berpendidikan dan berdisiplin tinggi. Tetapi kehidupan Anda tidak memuaskan dan Anda tidak tahu di mana salahnya maka dari itu cobalah bisnis kerajinan tangan.

Bila Anda juga seperti kebanyakan orang, yaitu hidup sebagai orang kebanyakan saja, maka mungkin salah satu masalah ini juga Anda alami:
1. Gaji kecil, atau pas-pasan saja, selalu kalah dengan kenaikan harga kebutuhan hidup.
2. Terjebak dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan impian.
3. Atau sebaliknya, terjebak dalam pengangguran berkepanjangan.
4. Hidup penuh masalah atau konflik, baik dengan diri sendiri, teman, keluarga, tetangga atau dengan bahkan yang orang tidak dikenal.
5. Banyak hal yang Anda inginkan rasanya seperti jauh dari jangkauan.
6. Terlilit hutang di mana-mana, kartu kredit, cicilan rumah atau kendaraan, pinjaman bank dan sebagainya. yang menguras habis semua gaji Anda untuk membayarnya setiap bulan. Apakah Anda juga masih mengalami paling tidak satu dari masalah di atas? Apakah Anda merasa seperti terus menerus bekerja keras mengejar mimpi yang tak juga kunjung tergapai?

Siapa yang berfikir kalau bisnis kerajinan tangan tidak memiliki prospek yang bagus. Menurut beberapa orang yang sudah lama menekuni bisnis kerajinan tangan mengaku bahwa hasil kerajinannya mengalami perkembangan yang cukup membahagiakan dari hari ke hari. Pada awal mulanya bisnis kerajinan tangan dimulai dari sebuah hobi yang dikembangkan menjadi suatu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Ditangan orang yang kreatif, sampah pun akan jadi emas. Tidak mudah menemukan peluang bisnis yang tingkat keberhasilannya tinggi. Demikian pula dengan bisnis kerajinan tangan. Perlu diadakan survei mengenai tingkat keberhasilannya dan bisnis kerajinan tangan apa yang bagus untuk ditekuni.
Berikut ini adalah tips sukses dengan bisnis kerajinan tangan yang mungkin dapat membantu Anda yang ingin terjun dalam bisnis kerajinan tangan.
1.Awali dengan hal yang Anda sukai atau cintai Melakukan bisnis kerajinan tangan bermula dari hobi kemudian dikembangkan menjadi suatu usaha yang dapat menghasilkan uang. Dalam bisnis akan mengalami pasang surut, niat Anda yang kuat dapat membantu mempertahankan bisnis Anda hingga kesuksesan tercapai.
2. Meluangkan waktu untuk mengenali pasar Sebelum Anda memulai menekuni bisnis, Anda harus tahu harga yang pantas untuk orang yang akan membeli produk Anda.
3. Jangan beranggapan selalu ada pasar bagi produk Anda Temukan terlebih dahulu pasar yang akan Anda tuju untuk memperdagangkan produk Anda. Tidak ada salahnya Anda mengunjungi pameran-pameran, berbincang dengan pengrajin dan menjari informasi mengenai harga produk serupa dan publikasi perdagangannya. Sehingga Anda dapat menentukan tempat untuk memasarkan produk dan tahu harga yang tepat.
4. Siap bersaing dengan inovasi bisnis kerajinan tangan meski sekarang sudah beragam jenis produk kerajinan, namun Anda harus bisa bersaing menciptakan inovasi baru yang belum pernah ada. Tidak hanya dalam hal bentuk, tapi kwalitas dan strategi pemasarannya juga harus diperhatikan.
5. Angkat potensi yang ada di sekeliling Anda Angkat potensi yang ada di sekitar Anda agar produk yang Anda buat mempunyai ciri khas. Karena biasanya konsumen membeli suatu produk sebagai kenang-kenangan ketika berkunjung disuatu daerah tertentu.
6. Memperluas wawasan dan jaringan sesama pengrajin Dengan memperluas wawasan diharapkan Anda bisa memperluas jaringan untuk memperlancar jalannya usaha kerajinan tangan. Anda bisa berbagi ilmu dengan teman-teman satu profesi. Tidak menutup kemungkinan juga Anda akan mendapatkan tambahan pinjaman modal dari komunitas yang Anda ikuti.
7. Mulai usaha secara perlahan tapi pasti Hal ini sangat penting terlebih lagi jika Anda memiliki modal usaha yang terbatas. Anda harus tahu yang diinginkan oleh pasar sebelum Anda menghabiskan uang untuk pemasaran. Bisnis kerajinan tangan biasanya menujukkan kemajuan dengan membutuhkan waktu kurang lebih dua tahun.
Semoga dengan adanya tips sukses dengan bisnis kerajinan tangan, Anda sebagai pembaca bisa mengambil manfaat yang ada didalamnya. Dan Tips bisnis kerajinan tangan tersebut dapat membantu Anda yang akan memulai menekuni bisnis kerajinan tangan agar dapat berkembang sampai ke mancanegara. Semoga sukses.

Post Top Ad

MAIN MENU