Senin, 19 September 2016

Beraneka Ragam Kerajinan Indonesia

Rumahkreative.id - Tidak disangka sebuah kerajinan tertentu juga sangat digemari oleh masyarakat tertentu. Apalagi kalau bukan kerajinan tangan asli Indonesia yang memang sangat beragam dan masing – masing memiliki keunikan dengan menonjolkan kebudayaan khas asli Indonesia. Terlepas dari masalah dan tantangan yang dihadapi negeri tercinta kita saat ini, Indonesia tetap menyimpan banyak sekali kekayaan yang membuat kita sebagai masyarakat asli Indonesia sudah sepatutnya berbangga hati.Kenapa tidak? Begitu banyak produk kerajinan asli Indonesia yang ternyata mampu mencuri hati masyarakat di luar negeri sana.

Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Kata "kerajinan" berasal dari kata "rajin" yang artinya barang atau benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat sesuatu. Nilai – nilai yang dibutuhkan untuk membuat suatu kerajinan adalah memiliki kecakapan, keahlian, penguasaan dalam proses pembuatan produk, dan kreatifitas atau imajinasi. Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :
1. Kerajinan bahan alam yaitu merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau bahan dasarnya bahan-bahan alam seperti : serat alam ,bambu,serta rotan .
2. Kerajinan bahan buatan yaitu merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti : plastik,gips,sabun,lilin,dan lain lain.


UKIR KAYU

Tentu kita sudah kenal kalau kerajinan Indonesia pasti menonjolkan keindahan sekaligus kerumitan baik pada bentuk, motif atau desain. Tapi, justru itu lah nilai plus yang menjadi daya tarik hasil tangan khas Indonesia ini. Tanpa terkecuali dengan ukiran kayu yang merupakan salah satu kerajinan khas dan asli Indonesia. Kayu asal Indonesia memiliki kualitas unggul karena tumbuh di negara tropis, selain itu ukiran serta pahatan yang dibuat sangat lah unik dan bagus. Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan ukiran kayunya adalah Jepara, yaitu terbukti hasil ukiran berupa kaligrafi, patung, dan relief dan kota ini berhasil go internasional sampai ke Eropa.






WAYANG

Wayang yang sangat kental dengan tradisi budaya Jawa ini juga diminati para wisatawan mancanegara dan sangat terkenal di dunia. Meskipun dulu wayang sering diidentikkan dengan hal mistis tapi, seiring perkembangan jaman, justru wayang sekarang ini sering dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik interior rumah karena bentuk yang unik dan artistik. Gak hanya masyarakat Indonesia saja yang kagum dengan kerajinan tradisional yang satu ini. Para turis yang datang ke Indonesia pun mengincar wayang untuk dijadikan sebagai cinderamata. Selain itu, pagelaran wayang yang masih sering diadakan terlebih saat acara pernikahan adat Jawa ini sudah diakui oleh UNESCO.

KAIN BATIK

Wah, kalau berbicara soal kerajinan khas Indonesia yang mendunia, tentu kita tidak boleh melupakan yang satu ini. Ke-eksis-an kain batik di mata dunia sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Kerajinan tangan hasil anak bangsa ini mampu memikat hati masyarakat di luar negeri karena motif unik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas masing – masing, ditambah sentuhan paduan warna yang menawan. Perlu kamu tahu juga nih, kalau ternyata banyak artis mancanegara yang tampil di publik dengan mengenakan pakaian bercorak batik.

ANYAMAN BAMBU

Hasil tangan anak Indonesia selanjutnya yang dikenal di dunia adalah anyaman bambu. Proses pembuatan anyaman bambu pada umumnya asli menggunakan tangan tapi meski begitu, tetap saja hasil akhir dari anyaman bambu ini mampu mencuri perhatian banyak orang termasuk para wisatawan luar negeri. Anyaman bambu yang dihasilkan cocok untuk dijadikan sebagai hiasan dan juga berguna untuk perabot rumah tangga seperti kursi, tudung saji, dan masih banyak lagi.



KERAJINAN BATU DAN LOGAM


Pasti kamu sudah tidak asing lagi dong dengan yang namanya batu mulia? Batu mulia yang sekarang sedang menjadi bahan pembicaraan dimana – mana ini ternyata tidak hanya eksis di dalam negeri saja tapi juga sampai ke mancanegara. Perlu kamu ketahui kalau ternyata banyak selebritis dunia yang menggunakan batu mulia asli Indonesia, tak hanya itu batu mulia ini juga dijadikan sebagai bahan baku perusahaan perhiasan di dunia. Nah, selain batu mulia, ada lagi nih aksesoris asli asal Indonesia yang gak kalah eksis, yakni gelang akar bahar. Gelang asal kota Ternate ini terbuat dari tumbuhan dari dalam laut yang akan melingkar indah di pergelangan tangan kamu. Selain menjadi aksesoris, gelang akar bahar juga dipercaya mampu menyerap racun dari dalam tubuh.

KERAMIK

Keramik memang bukan asli dari Indonesia, tapi jangan salah, ternyata hasil kerajinan berupa keramik buatan Indonesia juga gak kalah bagus lho! Hasil keramik buatan Indonesia banyak diminati oleh pasar luar negeri, termasuk Tiongkok yang merupakan negara asal penghasil keramik. Keramik Indonesia yang banyak diekspor yakni berupa vas bunga, guci, patung, dan dekorasi rumah lainnya. Bahkan usaha keramik di Indonesia juga sudah diakui negara – negara di Eropa.









       Wah.. Ternyata banyak banget ya karya anak bangsa Indonesia yang dikenal hingga ke seluruh dunia. Ini membuktikan kalau kerajinan asli Indonesia memang digemari dan diakui, tidak hanya dalam negeri, tapi juga di luar negeri.
      Pastinya kamu semakin bangga dong jadi orang asli Indonesia? Yuk, kita jaga dan lestarikan terus kerajinan tangan asli Indonesia ini.

Post Top Ad

MAIN MENU