Jenis Kain Flanel dan Harganya

Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya). Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain (wikipedia)

Dalam artikel sebelumnya tentang kreasi kain flanel, di sebutkan berbagai macam jenis kreasi terbuat dari kain flanel yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Untuk membuat kerajinan kain flanel tentunya butuh bahan baku kain flanel kan. Nah, dalam daftar berikut akan coba tim kerajinan.id rangkum jenis kain flanel beserta harganya, yuk kita cek.


Kain Flanel Akrilik


Kain flanel akrilik ini adalah kain flanel yang terbuat dari bahan baku sejenis serat plastik yang biasa di sebut akrilik. Untuk jenis ini, pertanda dari kualitasnya adalah dimana semakin padat dan mudah berbulu kain tersebut, maka semakin bagus kualitas dari kain flanel akrilik tersebut. Kisaran harga kain flanel akrilik ini adalah mulai dari Rp. 21.000,- dengan ukuran 100 x 96 cm.



[caption id="" align="aligncenter" width="700"]jenis kain flanel jenis flanel akrilik[/caption]

Kain Flanel Bamboo


Flanel Bamboo adalah kain flanel dengan bahan yang sangat eco friendly karena terbuat dari campuran serat bambu dan serat kayu. Kain jenis ini karena memang terbuat dari bahan alami maka bisa dengan cepat terurai oleh alam. Produk kain flanel jenis ini masih sangat susah ditemukan di Indonesia, harganya dalam kurs USD berkisar mulai dari $6 untuk ukuran kurang lebih 50 x 55 cm.



[caption id="" align="aligncenter" width="700"]Jenis kain flanel jenis flanel bamboo[/caption]

Kain Flanel Blend


Jenis kain flanel ini merupakan campuran dari 2 bahan. biasanya menggunakan campuran wool domba & rayon. persentase masing2 komponennya pun berbeda2. Kain jenis ini dikenal memiliki varian warna yang luas, dan lagi untuk jenis ini kainnya lebih padat dan tidak mudah melar. Jenis ini di jual di toko online besar dengan harga yang tinggi, mencapai 80 ribuan perlembarnya, itupun ukuran kecil, sekitar 15-30 cm.



[caption id="" align="aligncenter" width="700"]jenis kain flanel jenis flanel blend[/caption]

Kain Flanel Wool


Kain flanel jenis ini berbahan dasar 100 persen wool, tekstur kainnya lebih berserat dan tebal, tidak mengherankan jika harganya paling mahal dintara jenis kain flanel yang lainnya. di Indonesia sangat jarang yang menjual flanel jenis ini. Harganya?? Wihhh di amazon saja bisa sampe $20 atau sekitar lebih dari RP.270.000 per 90 cm.



[caption id="" align="aligncenter" width="700"]jenis kain flanel jenis flanel wool[/caption]

Kain Flanel Polyester


Untuk jenis kain flanel ini, harganya tidak jauh beda dengan jenis acrylic . beda nya, untuk jenis bahan polyester lebih licin ketika disentuh dan sedikit mengkilat. Kisaran harga kain flanel jenis ini juga masih satu level dengan kain flanel akrilik, sekitar 20 ribuan per 90cm



[caption id="" align="aligncenter" width="700"]jenis kain flanel jenis flanel polyester[/caption]
Dari jenis kain flanel tersebut beserta harganya diatas semoga bisa membantu kamu untuk memutuskan jenis mana yang ingin kamu gunakan. Selamat berkreasi ya. :D.

0 Response to "Jenis Kain Flanel dan Harganya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel